Jasad Pencari Ikan Akhirnya Ditemukan

555
Tim SAR BPBD Kabupaten Tuban bersama Muspikan Kecamatan Soko saat menyerahkan jasad almarhum Teguh di kediamanya.

kabartuban.com – Tim SAR gabungan Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban dan Bojonegoro, relawan bencana, petugas Polsek dan Koramil setempat, dibantu warga sekitar akhirnya menemukan jasad Teguh (24), warga Kendalrejo, Kecamatan Soko yang tenggelam saat berenang dibengawan solo usai mencari ikan, pada Senin (17/7/2017) sore kemarin.

Kepala BPBD Tuban Joko Ludiyono, saat konfirmasi menjelaskan, bahwa jasad korban ditemukan sekitat 70 meter dari lokasi pertama korban dilaporkan tenggelam, sekitar pukul 14.00, oleh tim SAR yang sudah melakukan pencarian sejak pagi tadi (18/7/2017).

“Alhamdulillah korban sudah ditemukan, kondisinya sudah meninggal dunia,” terang Joko.

Setelah ditemukan jasad korban langsung dievakuasi, kemudian dilakukan pemeriksaan oleh petugas medis dan kepolisian. Setelah dipastikan murni kecelakaan, jasad Teguh kemudian diserahkan kepada keluarganya untuk dimakamkan.

“Setelah kami evakuasi tadi langsung kami serahkan pada petugas berwenang, selanjutnya diserahkan kepada keluarga,” papar Joko.

Kepala BPBD Kabupaten Tuban ini juga menghimbau, agar warga sekitar bantaran berhati-hati saat mencari ikan atau melakukan aktifitas apapun di bengawan solo, sebab karakteristik sungai terpanjang di Pulau Jawa itu berbeda dari sungai kebanyakan. Bengawan solo memiliki arus dalam yang berbahaya jika tidak ditangani dengan hati hati dan tepat.

“Sekalipun bukan musim penghujan penting tetap waspada. Kami gak bosan mengingatkan kepada warga tetap berhati-hati, sekalipun bisa berenang,” himbau Kepala BPBD Tuban ini.

Seperti diketahui, Teguh tenggelam sejak sekitar pukul 15.00 Wib, petugas gabungan sebelumnya sudah melakukan pencarian tapi tidak ditemukan. Pencarian dilanjutkan malam hari, namun dihentikan sementara karena tidak memungkinkan.

Kemudian tim gabungan sekitat pukul 06.00 tadi, melakukan pencarian lanjutan dengan tambahan bantuan personil dari Bojonegoro dan relawan bencana dengan total tim pencari kurang leboh 30 orang. Akhirnya upaya tim SAR membuahkan hasil dan menemukan korban mengapung sejauh 70 meter dari titik pertama tenggelam. (Luk)

/