Jelang Idul Adha, Harga Kambing Mulai Merangkak Naik

488

kabartuban.com – Menjelang Hari Raya Idul Adha yang tiba kurang lebih satu bulan lagi, harga kambing di pasar hewan, di Kelurahan Gedongombo, Tuban, mulai merangkak naik. Kenaikan harga hewan untuk keperluan kurban ini meningkat menyusul tingginya permintaan akan kambing kurban utamanya yang sudah berusia satu tahun keatas.

Salah satu penjual kambing, Karsid, mengaku kenaikan tersebut mulai dirasakan sekitar satu minggu ini, banyaknya permintaan yang harus dipenuhi penjual kambing, membuat harga dari kambing tersebut mengalami peningkatan. Rata rata dalam satu hari pedagang kambing bisa menjual hingga lima ekor kambing menjelang Idul Adha. Padahal pada hari biasa hanya 2 sampai 3 ekor saja.

“Ya naik kalau menjelang kuraban ini, naiknya masih 200 sampai 300 ribu, ya karena banyak yang beli,” kata Karsid.

Menurut Karsid, tinggi dan rendahnya kenaikan harga kambing tidak saja diakibatkan tingginya permintaan, namun juga kondisi fisik kambing, untuk kurban, semakin bagus fisiknya maka harga kambing akan semakin mahal. saat ini rata-rata harga kambing yang biasanya hanya Rp2.000.000 bisa menjadi Rp2. 200.000 hingga Rp2.300.000 per ekor.

“Ya kalau untuk kurban paling mempengaruhi adalah fisik kambing, karena cacat tidak sah dikurbankan, kambing juga harus sehat,” jelasnya.

Senada dengan Karsid, Suwandi pedagang kambing Lamongam mengaku, selain untuk keperluan idul kurban, banyaknya yang menggelar hajatan bulan ini, tidak heran permintaan kambing cukup banyak untuk keperluan itu.

“Banyak yang hajatan juga, pesenan juga banyak, alhamdulilah,” terang Suwandi.

Dilokasi nampak para pembeli dan penjual saling tawar menawar, tidak seperti hari-hari biasa, suasana pasar juga lebih ramai dengan munculnya pedagang kambing dari bebagai daerah untuk bertransaksi di pasar tersebut.

“Ada juga yang kulak mas, untuk dijual lagi,” imbuh Suwandi warga Lamongan ini. (Hon)

/