Jelang Ramadan, Harga Bawang Mulai Naik

219

kabartuban.com – Menjelang bulan suci Ramadan 1440 H, harga salah satu kebutuhan dapur, seperti bawang merah dan bawang putih di kota Tuban naik drastis sejak dua pekan terakhir.

Seperti di Pasar Baru Tuban, dari pantauan kabartuban.com harga bawang putih mencapai angka Rp45.000 per kilogram dan harga Bawang merah mencapai Rp.35.000 per kilogramnya, Senin (22/04/2019).

Kenaikan harga paling tinggi terjadi pada bawang putih. Di tingkat grosir, harga bawang putih yang mulanya hanya Rp20.000 per kilogram kini melonjak hingga Rp45.000 per kilogram. Sedangkan ditingkat pengecer, harga bawang putih dibandrol dengan kisaran harga Rp.48.000 hingga Rp50.000 per kilogram.

Meski tingkat kenaikan harga tidak sama, harga bawang merah juga mengalami kenaikan yang cukup drastis. Harga bawang merah yang mulanya hanya Rp18.000 per kilogramnya, kini harga bawang merah ditingkat grosir mencapai Rp35.000 per kilogram, sedangkan dikalangan pengecer harga bawang merah biasa dijual dengan kisaran harga Rp37.000 hingga Rp40.000 per kilogramnya.

Rumiyatun, salah seorang penjual rempah-rempah di Pasar Baru Tuban mengaku bahwa kenaikan harga bawang merah dan bawang putih dimulai sejak satu pekan terahir ini. Yang mengakibatkan kini dirinya tak lagi bisa memiliki stok bawang terlalu banyak di kiosnya.

“Setiap hari harga bawang merah maupun bawang putih terus naik. Jadi sekarang tidak berani nyetok barang terlalu banyak. Biasanya saya ngambil 5 hingga 6 karung setiap harinya, namun kini hanya 2 hingga 3 karung saja” pungkas Rumiyatun.

Pedagang lainnya, Bati mengatakan, kenaikan beberapa bahan pokok juga turut dirasakan sejak dua pekan terakhir.

“Jelang Ramadan memang ada beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan seperti kemiri dan sayur-sayuran namun yang paling terasa hanyalah harga bawang merah dan harga bawang putih dipasaran karena kenaikannya cukup tinggi,” tegas Bati.

Meski begitu, kondisi pasar masih tetap kondusif, jumlah pembeli di pasaran masih tetap sama seperti biasa meski tingkat penjualan bawang merah dan bawang putih agak menurun dikarenakan kenaikan harga tersebut. (Di/Kh)

Apa Komentarmu?

SHARE