Jemput Pendonor, Antisipasi Kelangkaan Darah Saat Ramadan

791
Salah satu pendonor aktif saat diambil darahnya oleh petugas PMI Cabang Tuban.

Kabartuban.com – Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Tuban, akan menjemput relawan donor darah untuk memenuhi kebutuhan darah selama Ramadan. Sebab bulan ramadan biasanya pendonor sepi dan jumlah menurun lebih dari lima puluh persen.

Bidang Pencari Pelestari Donor Darah Sukarela (P2D2S) Agus Harjunadi sdaat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya akan jemput bola untuk mengantisipasi kekurangan darah selama bulan Ramadan, selain itu, sebelum bulan puasa akan menjadwalkan sejumlah kominutas atau kelompk untuk melakukan donor darah sukarela lebih awal.

“Jadwal mereka sebenarnya puasa ini, namun akan dipercepat sebelum puasa, karena sudah dua setengah bulan, sudah dapat melakukan donor lagi,” kata Agus (23/05/2017).

Upaya mobilisasai dan jemput bola untuk memastikan ketersediaan darah, PMI Cabang Tuban juga membuka layanan hingga pukul 21.00 wib selama Ramadah,  tujuanya untuk melayani pendonor yang ragu melakukan donor siang hari dan dapat donor setelah berbuka puasa atau setelah sholat Tarawih.

“Kami juga membuka layanan donor sampai jam 9 malam, ini untuk warga yang ragu berdonor siang hari,” terangnya.

Menurut Agus, donor darah saat berpuasa sebenarnya tidak ada masalah, namun kebanyakan masyaralat ragu melakukan donor karena seharian tidak mendapat asupan makanan, mereka khawatir akan menggangu ibadah puasanya.

“Sebenarnya boleh, namun karena asupan makanan tidak ada saat berpuasa membuat masyarakat kawatir jika berdonor akan menganggu pusanya,” terang Agus,

Data yang diperoleh kabartuban.com di Kantor PMI Cabang Tuban, Jalan Pramukan Tuban, setiap bulanya rata-rata kebutuhan atau permintaan darah mencapai 800 hingga 900 kantong, dan jumlah ini selalu terpenuhi.

“Ahamdulilah tidak perhan kekurangan, bulan puasa biasanya pendonor yang menurun jumahnya,” imbuh Agus.

Adapun, persediaan darah di PMI Cabang Tuban hingga hari ini, masih tersedia 283 kantog, dengan rincian golongan darah (A) 104 kantong, (B) 80 kantong, (O) 79 kantong dan darah (AB) 20 kantong. (Luk)

/