Jumlah Wisatawan Yang Berkunjung ke Tuban Menurun

659

kabartuban.com – Kepala Dinas Perekonomian dan Pariwisata (Disperpar) Kabupaten Tuban, Farid Achmadi menyatakan, kunjungan pariwisata di Kabupaten Tuban dalam dua tahun terakhir mengalami penurunan, yang mana dalam tiga tahun sebelumnya Tuban sempat menduduki peringkat pertama di Jawa Timur.

“Kita sekarang kalah dengan Surabaya, Surabaya saat ini mencapai 5,3 Juta pengunjung per tahunnya,” terang Farid kepada kabartuban.com, Sabtu (20/8/2016).

Farid melanjutkan, data kunjungan wisata tiga tahun terakhir masing-masing pada tahun 2012 mencapai 2,5 Juta pengunjung, pada tahun 2013 mencapai 3,6 juta pengunjung dan pada tahun 2014 mencapai 4,7 juta pengunjung.

“Maka dari itu kita butuh dukungan dari Pemerintah Pusat untuk mengembangan pariwisata di Tuban, karena dana APBD saja tidak cukup,” ungkapnya.

Dikatakan oleh Farid, saat ini pihaknya masih menunggu izin dari pemerintah pusat mengenai reklamasi Pantai Boom dan pada pertengahan tahun ini masih dalam tahap konsultasi.

Untuk diketahui, Kabupaten Tuban memiliki 35 objek wisata, baik wisata alam, buatan, religi, maupun kuliner, yang mana 5 objek wisata dikelola oleh Pemerintah Daerah. (har)

/