Kabar Gembira, DD dan ADD Sudah Cair di Awal Tahun

17172
Anik Rahma Maharotul Faiqoh, Kasi Fasilitasi Pengelolaan Keuangan dan Aset Desa, Bidang Pemdes Dispemas dan KB Kabupaten Tuban

kabartuban.com – Awal tahun 2019, Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) pencarian tahap pertama lebih cepat dibandingkan tahun sebelumnya. Dari 274 desa yang berada di Bumi Wali, sudah hampir 80 persen menerima pencairan DD dan 30 ADD.

Hal itu seperti yang disampikan oleh Anik Rahma Maharotul Faiqoh, Kasi Fasilitasi Pengelolaan Keuangan dan Aset Desa, Bidang Pemdes Dispemas dan KB Kabupaten Tuban, kalau keseluruhan desa sudah melakukan pengajuan.

Namun masih ada satu kecamatan yang melakukan perbaiki data, dan rencananya hari ini akan dilengkapi.

“Plumpang sudah semua, Namun ada revisi dari pengajuan, tinggal menunggu perbaikan saja. Insyaallah hari ini sudah diserahkan semua Desa,” ujar Anik Rahma Maharotul Faiqoh, Kamis (31/1/2019).

Sementara untuk, ADD tahun ini hanya baru sekitar 30 persen dan merata desa di semua Kecamatan yang ada, kalaupun yang belum cair, karena masih proses koreksi dan realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBdes) tahun 2018.

“Hampir seluruh Kecamatan sudah ada, yang belum cuman menunggu hasil koreksi,” tambahnya.

Perlu di ketahui proses pencarian DD maupun ADD di bagi menjadi beberapa tahapan. Seperti DD di bagi tiga tahap

Tahap satu di bulan Januari sebesar 20 persen, tahap II di Bulan Maret 40 persen, dan tahap III 40 persen dari jumalh yang didapat. Sedangkan Jumlah pagu DD yang didapatkan Kabupaten Tuban sebesar Rp 256.256.128.000.

Untuk ADD dibagi dua tahapan, pertama tahap satu 50 persen Januari, dan sisanya diberikan paling lambat akhir Oktober, sambil menunggu kelunasan Pajak Bumi Bangunan (PBB) tiap desa. Untuk pagu ADD yang diberikan oleh Pemkab Tuban Rp 123.000.000.000. (Dur/Rul)

Apa Komentarmu?

SHARE