Kapolres Tuban Jamin Keamanan Pelajar Asal Papua di Tuban

189

kabartuban.com – Kapolres Tuban, AKBP Nanang Haryono, memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan bagi warga asal Papua yang berada wilayah hukum Bumi Wali.

Ada sekitar sembilan pelajar dan satu pekerja yang berasal dari bumi Cendrawasih yang menuntut ilmu di Tuban.

“Saya menjamin Tuban sampai saat ini aman dan kondusif. Jangan takut, karena kalian bagian dari bangsa Indonesia,” kata Kapolres Tuban, AKBP Nanang Haryono kepada awak media, di salah satu restoran di Tuban, Selasa (20/8/2019).

Kapolres kelahiran Bojonegoro ini, sudah menerjunkan beberapa tim baik Macan Ronggolawe (Marong), Inteljen maupun Binmas, dan jajaran TNI lainnya, untuk mejaga situasi yang aman dan damai di Tuban. Apabila ada sesuatu yang menimpa pelajar asal Papua ini, bisa langsung melapor ke petugas atau ke pribadi Kapolres.

“Kami mengutuk keras atas kejadian itu, tapi yang sudah biarlah karena semua pihak sudah meminta maaf, atas kejadian itu. Kalau ada informasi apapun, silahkan hubungi saya langsung,” tambahnya.

Pihaknya menghimbau, kepada masyarakat jangan terprovokasi dengan kejadian kerusuhan yang terjadi dibeberpa daerah di Jawa Timur dan lain sebagainnya, karena Papua adalah bagian dari bangsa Indonesia, semua bersaudara.

Beberapa pelajar bertanya kepada Kapolres, baik bagaimana ketika di jalan ada seseorang yang ingin berbuat jahat kepada mereka, sampai dengan menanyakan cara dan syarat menjadi Polisi Wanita atau Polwan.

Sementara itu, Maria Adriyano Yanun pelajar kelas 10 SMK Abdi Negara Tuban asal Papua mengungkapkan senang bisa menempuh pendidikan di Tuban. Karena mendapatkan teman baru dan masyarakat jawa khususnya Tuban ramah.

“Dapat ilmu dan pengalaman baru bisa sekolah di Tuban,” sambungnya.

Pihaknya berharap, ketika bersekolah di Tuban, bisa aman dan tidak ada yang berbuat jahat kepadanya dan temannya, serta tidak ada lagi hinaan dan ejekan yang terjadi. (Dur)

/