Kapolres Tuban l: Sebelum Mudik Cek Dulu Kondisi Keamanan Rumah

187
Kapolres Tuban, AKBP Nanang Haryono.

kabartuban.com – Pihak Kepolisian Resort Tuban mengimbau kepada seluruh warga masyarakat setempat, memastikan rumah aman saat ditininggalkan mudik lebaran Idul Fitri 1439 H/2018.

Sebelum meninggalkan rumah, warga diminta untuk melakukan cek ulang keamanan rumah, dan memastikan kondisi rumah dalam keadaan terkunci, bila perlu, memasang kunci ganda.

Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono, kepada Kabartuban.com, Kamis (14/6/2018), pihaknya mengimbau dan meminta kepada masyarakat agar selalu berhati-hati ketika meninggalkan rumah dalam keadaan kosong pada waktu mudik lebaran.

“Sebelum mudik lebaran, kita menghimbau agar warga dapat memperhatikan kondisi keamanan rumah, jika ada tetangga terdekat hendaknya dapat menitipkan kepadanya,” kata Kapolres Tuban.

Selain itu tambah mantan Kasubdit III Diskreskrimum Polda Jateng, warga juga harus memastikan keamanan yang lain, seperti mematikan kompor, mencabut tabung gas, dan juga mematikan listrik yang masih menyala.

“Hal ini merupakan upaya antisipasi agar tidak terjadinya hal yang tidak diinginkan, seperti pecurian atau pembongkaran rumah saat kosong, bahkan insiden kebakaran yang disebabkan kompos gas dan konsleting arus listrik,” tegasnya.

Senada juga dikatakan Kepala pelaksana BPBD Kabupaten Tuban, Joko Ludiyono, demi keamanan kondisi rumah yang ditinggal ke kampung halaman pihaknya mengatakan, masyarakat hendaknya memastikan tidak ada instalasi listrik yang konslet atau hal lain, sehingga bisa menyebabkan kejadian yang tidak diinginkan.

“Harus cek kondisi rumah ya, ada 10 tips yang perlu diperhatikan pemudik sebelum pulang kampung,” terang Joko.

Berikut 10 tips aman saat mudik.
1.Matikan semua aliran listrik alat-alat elektronik
2.Jika mudik lama, kosongkan lemari es, matikan aliran listriknya.
3.Kosongkan tempat penampungan air, matikan aliran listrik pompa air.
4.Rapikan kabel yang ada dibawah karpet/ perabotan lain atau kabel yang masih berantakan.
5.Cabut semua steker (colokan), dari stop kontaknya.
6.Matikan seluruh lampu ruangan atau gunakan lampu led dengan sensor otomatis yang dapat diatur jam kerjanya.
7.Cabut regulator tabung gas.
8.Tutup tabung gas dengan rapat.
9.Simpan tabung gas di ruangan dengan sirkulasi baik dan terlindungi dari paparan sinar matahari.
10.Jika anda perokok aktif, pastikan bara api pada puntung rokok yang anda buang sudah benar-benar padam. (Dur)

/