Kembangkan Wisata Laut, Pemkab Akan Bangun Geladak 50 Meter di Laut RE Martadinata

2658

kabartuban.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban berencana membangun fasilitas publik dan tempat wisata rakyat di utara Jalan RE Martadinata Tuban, atau pantai sepanjang kawasan utara Rest Area Tuban, sejauh 50 meter ke arah laut.

Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussain mengatakan, pembangunan tersebut selain untuk memberikan ruang publik bagi masyarakat Tuban, juga ditujukan untuk menarik wisatawan luar daerah agar berkunjung ke Bumi Wali.

Kami akan bangun pengembangan lokasi wisata dan fasilitas publik di sana, ini bisa jadi tempat kuliner atau wisata lain dan non karcis alias gratis,” kata Noor Nahar pada kabartuban.com Rabu (16/11/2016).

Noor Nahar menjelaskan, saat ini pemerintah bersama tim ahli sudah melakukan studi kelayakan terkait pembangunan fasilitas yang akan dibangun di belakang monumen garuda ke arah timur hingga depan Klenteng Kwan Sing Bio Tuban. Namun ditegaskan, pembangunan fasilitas publik seluas 50 meter ke arah laut itu tidak menggunakan cara reklamasi laut (pengurukan) melainkan dengan geladak atau menggunakan tiang pancang.

Tidak ada reklamasi, nanti akan dibuat semacam geladak dengan tiang pancang, entah dengan cor atau besi bangunan agar nilai artistiknya lebih terasa dengan suasana laut diutara kota itu,” tegasnya.

Sejauh ini, Wabub belum membeberkan soal anggaran yang rencananya akan menggunakan APBD atau PAPBD tahun 2017 itu, yang pasti proyek tersebut akan dimulai tahun 2017 mendatang.

Kita masih dalam tahap studi, jadi soal anggarannya belum bisa dipastikan, tapi rencana pembangunannya tahun 2017,” terang Noor Nahar.

Wabub berharap, dengan dibangunnya fasilitas publik dan wisata rakyat ini, dapat menambah kunjungan wisata luar daerah ke Kabupaten Tuban, diyakini meningkatnya kunjungan wisata secara langsung maupun tidak langsung akan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dari sektor wisata.

Kunjungan wisata ke daerah itu penting, secara langsung  atau tidak langsung akan berdampak pada perekonomian, misalnya dengan banyak wisata tentu pedagang di kawasan Rest Area nantinya akan semakin banyak pula pembelinya,” pungkasnya.(lk/har)

/