Kemenag Tuban Salurkan Bantuan Kepada Siswa Kurang Mampu

2
Kakankemenag Tuban Sahid saat berikan santunan kepada siswa tak mampu. Foto Dok: Diskominfo Tuban.

kabartuban.com – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban dalam hal ini Kakankemenag Tuban didampingi Penyelenggara Zakat Wakaf, Kasi Pendidikan Madrasah dan Pengawas Madrasah menyalurkan bantuan ke sejumlah siswa kurang mampu di MI Miftahul Huda, dan MI Al Busyro, Desa Ngimbang, Keccamatan Palang, Rabu (14/04/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kemenag mengatakan, tujuan penyaluran bantuan tersebut untuk silaturahmi, dan berbagi sedikit rezeki.

“Yang pertama tujuan kami silaturahmi, kedua berbagi sedikit rezeki dalam kondisi pandemi Covid-19, di mana masih banyak masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi,” ujar Kepala Kemenag Tuban Sahid.

Sahid melanjutkan, dengan banyaknya musibah yang dialami saudara di tanah air, seperti gempa bumi di Malang, Jawa Timur, agar membuat yang lain makin bersyukur dan bisa menggugah rasa simpati kepada sesama.

“Semoga kita selalu diberikan kemudahan,” harapnya.

Dalam kesempatan itu, Sahid juga memanggil beberapa siswa dan diuji untuk membaca surat-surat pendek Alquran tanpa text, dan memberikan beberapa pecahan uang merah kepada siswa, langsung dari dompetnya.

Sahid menegaskan, sebagai warga Kementerian Agama harus bangga dengan madrasah, baik menjadi siswa ataupun gurunya.

“Banyak orang penting di negeri ini dicetak dari madrasah, seperti Wapres dan Gubernur kita,” imbuhnya.

Selanjutnya, ia berpesan kepada siswa harus terus belajar, membaca Alquran dan salawat sebagai modal untuk terjun langsung ke masyarakat kelak. Setelah lulus dari MI, ia meminta kepada para siswa untuk meneruskan ke MTs dan MA.

“Di bulan Ramadan mari kita jaga, kita pelihara dan kita tingkatkan ibadah kita, tetap berupaya mentransfer ilmu yang dimiliki kepada anak-anak didik kita,” jelasnya.

Sementara itu, Penyelenggara Zakat dan Wakaf Kemenag Tuban Imam Syafi’i, menjelaskan bantuan berasal dari Zakat, Infaq dan Shodaqoh (ZIS) ASN Kemenag Tuban. Bantuan tersebut diwujudkan dalam bentuk sembako dan alat salat.

“Pemberian bantuan dikemas dalam giat Pembukaan Pondok Ramadan dan Baksos Kementerian Agama yang diberikan kepada siswa yang kurang mampu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Hadir dalam giat ini, selain Kakankemenag Tuban, juga Kasi Pendidikan Madrasah, Penyelenggara Zakat dan Wakaf beserta staf, Pranata Humas, Koordinator Umum, Pengawas Madrasah dan dari intern kedua madrasah. (*/dil)

/