Kerahkan 1.698 Personil, Untuk Amankan Pilkades Serentak

525
Kapolres Tuban, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Fadly Samad

Kabartuban.com- Polres Tuban akan mengerahkan 1698 personil gabungan untuk mengamankan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Kabupaten Tuban 2016 yang akan diselenggarakan pada tanggal 8 Desember mendatang.

Dalam hal ini, Kapolres Tuban, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Fadly Samad, mengatakan, personil gabungan tersebut terdiri dari Polri, TNI, Satpol PP, Linmas, Sabhara, Brimob dan Polda, serta Bantuan Kendali Operasi (BKO) Lamongan dan Bojonegoro.

“Gelar apel ini, merupakan persiapan keamanan sebagai tugas dan tanggung jawab kita untuk memberi rasa aman terhadap masyarakat yang berpartisipasi dalam pemilihan,” kata Fadly Samad saat ditemui di lokasi apel (5/12/2016).

Disampaikan oleh Kapolres, apel tersebut bertujuan untuk mengecek personil dan peralatan keamanan, serta melatih kesiap-siagaan peserta dan petugas demi berlangsungnya Pilkades serentak secara tertib dan aman.

“Di kecamatan Jenu sudah terjadi gesekan, dengan pengrusakan gambar. Semalam panitia dan peserta sudah kita kumpulkan,” ujarnya.

Lebih lanjut, dijelaskan pihaknya telah mendeteksi setidaknya ada 6 Daerah yang rawan terjadi huru-hara. Mengingat ditahun-tahun sebelumnya, dimana daerah tersebut sempat terjadi masalah dan sekarang melakukan pemilihan lagi.

“Nanti kita akan kumpulkan semua panitia, peserta dan petugas untuk melakukan istighosah sebelum pelaksanaan pilkades berlangsung,” imbuhnya. (din)

/