Ketua RT Minta Tidak Ada Lagi Pemangkasan Tunjangan

442

kabartuban.com – Tunjangan bagi ketua Rukun Tetangga (RT) yang berasal dari Alokasi Dana Desa (ADD) sebentar lagi akan dicairkan. Menanggapi hal tersebut, banyak ketua yang memberikan warning, meminta kepada pihak terkait untuk tidak memangkas tunjangan RT tersebut.

Informasi yang dihimpun wartawan media ini, tunjangan untuk RT berasal dari ADD sebesar Rp 100 ribu per bulan, dan diberikan setiap 6 bulan sekali pada akhir semester. Dalam realisasinya, banyak pihak melaporkan bahwa dana tunjangan RT tersebut dipangkas oleh oknum terkait.

Penelusuran kabartuban.com di lapangan, Minggu (29/11/2015), terdapat sejumlah desa yang pembagiannya dipangkas sehingga ketua RT tidak menerimanya secara utuh. Pemangkasan tunjangan RT tersebut dialami oleh sejumlah ketua RT di Desa Siding, Kecamatan Bancar dan Desa Sumurgung, Kecamatan Tuban.

Besaran pemangkasan dari kedua desa itu berbeda. Di Desa Siding sekitar 28 tunjangan RT dipangkas Rp 100 ribu. Sedangkan, di Desa Sumurgung, Kecamatan Tuban, pemangkasan tunjangan RT lebih besar yaitu Rp 300 ribu. Alasan pemangkasan pun beragam, pemangkasan di Desa Siding dilakukan dengan alasan sebagai ganti rugi petugas yang mengambilkan uang tersebut. Sedangkan di Desa Sumurgung pemangkasan terjadi dengan alasan menyesuaikan kondisi keuangan desa.

Salah satu ketua RT yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan, “Benar, pencairan tunjangan RT yang kemarin ada pemangkasan, kami minta untuk tunjangan yang akan datang ini tidak dipangkas,” ujar salah satu ketua RT yang ditemui wartawan.

Sementara Sutoyo salah satu Ketua RT asal Desa Sukolilo, Kecamatan Bancar, Tuban saat ditemui mengaku sudah menerima tunjangan sesuai jumlah seharusnya. Tetapi dirinya turut prihatin dengan nasib sejawatnya yang menerima tunjangan tidak utuh. Padahal semestinya tunjangan tersebut harus diserahkan secara utuh sesuai dengan ketetapan yang berlaku.

“Ibarat pasukan, RT ini adalah prajurit yang selalu di depan, jadi kami minta pak Bupati supaya mengarahkan kepada pak Camat dan Kepala Desa untuk membagikan tunjangan tersebut dengan benar dan diberikan secara keseluruhan,” pinta Toyo sapaan akrabnya.

Baca Juga : Ketua RT Tuding Kades Pangkas Tunjangan

Hingga berita ini diturunkan, belum ada pernyataan resmi dari pihak Camat Bancar, Murtadji dan Camat Tuban Kota, Agus Hanfi. Saat akan dikonfirmasi rekan media, keduanya tidak memberikan respon. Saat dihubungi via ponsel, keduanya pun tidak memberikan jawaban. (su/im)

/