Kodim 0811 Tuban Gelar Aksi Peduli Covid-19

1
Kodim 0811 saat membagikan masker kepada anggotanya.

kabartuban.com – Sebagai usaha untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19, pemerintah terus mengimbau kepada masyarakat untuk tetap di rumah saja. Berbagai macam sosialisasi sudah diberikan, mulai dari anjuran presiden sampai ke tingkat desa.

Selama physical distancing, banyak masyarakat yang masih tetap bekerja di luar rumah selama pandemi ini demi memenuhi kebutuhan hidup. Hal itu kemudian membuat Kodim 0811 Tuban turun secara langsung untuk mensosialisasikan ke pusat keramaian seperti pasar tradisional sampai ke tempat pelelangan ikan, untuk memberi pemahaman mengenai penanganan Covid-19 dan bagaimana cara mencegah penyebarannya.

Komandan Kodim 0811 Tuban, Letkol Inf Viliala Romadhon mengungkapkan bahwa kegiatan yang dilakukan merupakan inisiatif dari Kodim sendiri. Sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat dengan membagikan masker secara menyeluruh.

“Kita membagikan kurang lebih kita hitung itu 7500 masker. Ini terdiri dari totalan lalu kita sudah memberikan 1500 masker di Wilayah Bangilan” katanya, Rabu (22/04/2020).

Lebih lanjut Dandim menjelaskan, pada hari ini Kodim akan membagikan 1000 masker di wilayah Tambakboyo, kemudian besok membagikan 1000 masker di Wilayah Palang. Selanjutnya di daerah Soko juga akan dibagikan 1000 masker. Tidak hanya itu, Kodim juga membagikan masker kepada seluruh anggota dan juga media yang turut hadir dalam acara tersebut.

Dalam pembagian masker ini, Kodim memberikan sasaran kepada tempat-tempat yang masyarakatnya tinggi bersosialisasi. Seperti Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di wilayah Tuban serta pasar-pasar yang cukup besar di Tuban.

“Kita akan tutup kawasan tersebut menjadi kawasan wajib masker. Bukan ditutup pasarnya ya Mas, tapi supaya perekonomian di Tuban ini tetap berjalan” Ujar Komandan Kodim Tuban.

Saat Bulan Ramadan nanti, Kodim juga akan membagikan masker dalam beberapa hari secara bergantian di kawasan Alun-alun Tuban. Kodim juga akan mengupayakan untuk menjadikan Alun-alun sebagai kawasan wajib masker.

Ditempat yang sama, Nandrian Ma’aris salah satu anggota Saka Wirakartika yang mengikuti kegiatan pada hari ini. Merespon baik aksi tersebut, karena menurutnya Kota Tuban sudah dalam status zona merah.

“Semoga virus corona ini cepat selesai begitu, supaya masyarakat yang beraktivitasnya di luar, biar cepat normal kembali. Seperti yang berkerja di luar rumah bisa kembali kerja lagi” jelas Nandrian. (wid/dil)

/