KPU Tuban Coret 173 DPT

517
Rapat Pleno Terbuka, Penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPT-HP) Pemilu 2019 Tingkat Kabupaten di ruang pertemuan KPUD setempat

kabartuban.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban menghapus data dalam Daftar Pemilih tetap (DPT) yang di indikasikan ganda. Hal tersebut dilakukan setelah melalui beberapa tahapan, sebelum data ganda tersebut benar-benar dicoret.

“Ya kita telah menghapus DPT yang setelah kita kumpulkan bukti otentik dan Verifikasi Faktual dilapangan, disaksikan secara terbuka oleh Bawaslu maupun partai politik,” ujar Kasmuri, Ketua KPU Kabupaten Tuban, Kamis (13/9/2018).

Dari data yang berhasil dikumpulkan, ada sekitar 173 data pemilih yang dihapus, dengan rincian daftar pemilih laki-laki 77 dan perempuan 96. Ketika dikurangkan dari DPT yang ditetapkan pada 20 Agustus 2018 di Rumah Makan Kayu Manis yang berjumlah 934,444 menjadi 934.271 terdiri dari 46.145 laki-laki dan perempuan berjumlah 47.206

“Ada 173 DPT yang kita hapus,” tambah pria yang pernah mengikuti organisasi HMI ini.

Sementara itu Ketua Bawaslu Kabupaten Tuban, Sulamul Hadi saat dikonfirmasi menyebutkan temua ganda yang diperoleh tersebut terbagi menjadi tiga kategori yakni, ganda tanggal lahir, Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan ganda Nama. Data itu yang diminta  Bawaslu RI dan diserahkan ke KPU RI serta diturunkan ke KPU Kabupaten.

“Selain tiga kriteria yang diminta Bawaslu RI, ada dua kategori yang ditemukan oleh kita, yakni beda tanggal lahir akan tetapi sama NIK dan Nama. Alhamdulillah sudah  difaktualkan,” sambung

Selain itu, proses pembenahan DPT yang telah ditetapkan tadi di gedung lantai di KPU Kabupaten Tuban masih ada proses panjang yang akan dilalui. Terlebih menjelang hari pencoblosan.

“Ini pasti ada pembenahan sampai hari H nya, apalagi Daftar Pemilih pemula yang nanti batas usainya sudah mencapai, pasti ada regulasi khusus yang dilakukan,” terang pria yang akrab di sapa Gus Hadi ini. (Dur/Rul)

Apa Komentarmu?

SHARE