KPU Tuban Terjunkan 24 Orang Untuk Melipat Kertas Suara

143
Para pekerja yang melakukan pelipatan surat suara di Gudang KPUD gudang Jalan Manunggal, Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding Tuban

kabartuban.com – Sebanyak dua puluh empat (24) pekerja menjadi tenaga pelipat yang diterjunkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban, untuk melipat surat suara pemilihan umum (Pemilu) 2019.

Bertempat di gudang Jalan Manunggal, Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, sebelum bekerja seluruh pekerja diperiksa dan kawalan ketat oleh petugas kepolisian, KPU dan Bawaslu Kabupaten Tuban, untuk memastikan keamanan dalan area penyortiran surat suara.

Ketua KPU Kabupaten Tuban, Kasmuri, SE saat dikonfirmasi mengatakan ke dua puluh empat tenaga pelipat yang tersebut, sebelumnya mendapatkan arahan dan simulasi pelipatan oleh petugas KPU. Selanjutnya dikalkulasi dengan tenaga yang ada bisa mam;pu melibat berapa lipatan kertas surat.

“Kemarin ada sekitar 5.993 lembar surat suara yang di lipat dari 12 dus yang melibatkan 18 orang, dan hari ini ada 24 orang,” kata Ketua KPU Tuban, Kasmuri, Selasa (26/2/2019).

Sementara untuk surat suara yang baru diterima KPU Tuban, dari pengiriman pertama sebanyak 1.248 karton, yang tiap kartonnya berisi 500 lembar surat suara. Totalnya 624.000 lembar yang dibagi dua, dengan jenis surat suara Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Timur Dapil XII, dan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Dapil IX.

“Ini kiriman pertama tempo hari dua kontainer,” tambahnya.

Sementara, Komisioner Bawaslu Kabupaten Tuban, M. Arifin saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya bersama dengan Panwaslu Kecamatan melakukan pengawasan melekat, untuk meminimalisir atau mencegah terjadinya pelanggaran.

“Kami melakukan pengawalan melekat, pada pensortiran dan pelipatan,”tambahnya.

Untuk diketahui, kebutuhan surat suara di Kabupaten Tuban sebanyak 939.670 kertas suara atau sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang sudah di tetapkan, beberapa hari pada saat penetapan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan ditambah Surat suara cadangan 2 persen dari DPT. (Dur/Rul) 

Apa Komentarmu?

SHARE