KPUK Tak Dapat Terima Berkas Perindo Tuban

270
Para pengurus Partai Perindo Kabupaten Tuban saat kantor mendatangai KPUK setempat di Jl. Pramuka tadi pagi.

kabartuban.com – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK) Tuban masih belum bisa menerima berkas verifikasi Partai Politik (Parpol) yang masih belum terdaftar di KPU Pusat. Termasuk Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Cabang Tuban yang tadi pagi menyerahkan berkas Parpol di KPUK setempat.

“Kendalanya adalah Parpol harus mendaftar di KPU RI dulu, kemudian data Parpol tersebut akan masuk Aplikasi Sipol (Sistem Informasi Partai Politik), berhubung masih belum masuk Sipol, maka kami masih menunggu dan nanti kita layani lagi,” kata Kasmuri Ketua KPU Tuban, senin (9/10/2017).

Sementara itu, Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Tuban, Masrukhin menilai langkah KPU untuk menangguhkan penerimaan berkas Parpol sudah tepat, menurutnya proses pendaftaran Parpol harus tuntas di tingkat pusat baru berkas bisa diterima.

“Melihat proses hari ini saya lihat sudah betul, KPU berusaha untuk menjalankan prosedur sesuai dengan ketentuan yang berlaku, sudah sesuai aturan,” kata Masrukhin.

Dalam tahapan verifikasi Parpol, Masrukhin menambahkan, potensi kerawanan pelanggaran adalah pada saat proses verifikasi faktual, menurutnya sangat memungkinkan ada data-data fiktif seperti pencatutan nama-nama yang sebenarnya bukan anggota Parpol.

“Sangat memungkinkan ada nama-nama yang dicatut, oleh sebab itu kita harus tegas, kalau ada kasus seperti itu kalau bisa ya tidak diproses,” tegas Masrukhin.

Sedangkan Sekretaris Umum DPD Partai Perindo Tuban, Abdul Muchith Abrorie, menjelaskan kalau Perindo Pusat mendaftar di KPU RI pada jam 11 tadi, namun begitu, pihaknya akan menunggu hingga proses pendaftaran hingga data Parpol masuk dalam aplikasi Sipol.

“Kami akan menunggu hingga proses pendaftaran di pusat selesai, insyaallah hari ini bisa klir, karena Perindo Pusat sudah mendaftar pada jam 11 tadi,” kata Muchith saat bertemu anggota KPU Tuban. (Dur)

Apa Komentarmu?

SHARE