Kreatif, Siswa MAN 1 Tuban Manfaatkan Sampah Jadi Barang Berguna

318

kabartuban.com – Barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai, tak selamanya berakhir di tempat sampah, bermodal kreatif dan ketekunan, barang-barang tidak berguna justru dapat dimanfaatkan kembali menjadi beraneka bentuk dan manfaat, seperti yang dilakukan sekelompok pelajar asal MAN 1 Tuban.

Ditemui disalah satu stan kegiatan peringatan hari sampah nasional 2018, Jum’at, (04/04/2018) Taman Wire Tuban, para siswa nampak memamerkan hasil karya mereka yang seluruhnya berbahan baku barang bekas (Sampah).

“MAN 1 Tuban memamerkan gaun carnival dari plastik dan karung goni yang dibuat oleh siswa keterampilan” ujar Khotim guru pendamping siswa.

Selain menampilkan gaun carnival, siswa MAN 1 Tuban, juga memanfaatkan botol bekas air mineral, kertas dan plastik menjadi kursi hingga meja, yang dapat dimanfaatkan layaknya meja kursi kayu pada umumnya.

“Saya dan anak-anak mendaur ulang botol bekas, potongan kertas dan plastik, menjadi kursi. Caranya dengan mengisi botol bekas dengan plastic dan kertas, kemudian merangkainya menjadi satu bentuk kursi. Tutur Hendriyani Guru MAN 1 Tuban lainnya, yang ikut dalam kegiatan peringatan Hari Sampah.

Sementara itu, Lutfi Riswati, Ketua kader Adiwiyata MAN 1 Tuban, mengatakan, jika sampah tidak hanya dapat dijadikan aneka bentuk kerajinan untuk dimanfaatkan kembali, namun sebagian sampah juga dapat dijual ke bank sampah untuk menjadi uang.

“Sampah-sampah ini saya kumpulanan bersama teman, sebagian dijual untuk mendapatkan uang” terang Lutfy. (Mir)

Apa Komentarmu?

SHARE