Lagi, Lahan Perhutani Pakah Terbakar

360
Ketua BPBD Kabupaten Tuban saat ikut terjun langsung dan memantau pemadaman api di Hutan Pakah Tuban.

kabartuban.com – Kebakaran kembali menghanguskan lahan milik Perum Perhutani di Kawasan Pemangkuan Hutan (KPH) Tuban. Hal tersebut terjadi pada senin pagi (9/10/2017) sekitar pukul 04.00 WIB, di Petak 80 C RPH Pakah Desa Gesing, Kecamatan Semanding Tuban.

Kepala Resort Polisi Hutan (KRPH) Pakah, Sumarji mengatakan pihaknya sudah menerjunkan personel untuk memadamkan api dan meminta bantuan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban untuk ikut memadamkan api.

“Kebakaran terjadi di petak 80 c tanaman jati tahun 1991 RPH Pakah dengan luas 1,5 hektar. Kemungkinan besar ini karena ulah tangan manusia yang tidak bertanggung jawab,” kata Sumaji kepada kabartuban.com.(9/10).

Lokasi kebakaran sangat berdekatan dengan badan jalan raya, sehingga mempermudah personil untuk menjinakan si jago merah yang melahap lahan hutan jati. Pihaknya juga menerapkan sistem sekat bakar untuk mencegah meluasnya kebakaran hutan lindung di sejumlah titik. Penerapan sistem sekat bakar sudah dilakukan di beberapa titik dan terbukti efektif menghentikan dan mencegah kebakaran meluas.

“Alhamdulilah tadi, langsung bisa kita padamkan, dengan di bantu personil BPBD ” lanjut Sumarji.

Sementara itu, ditepat terpisah Kepala BPBD Kabupaten Tuban, Joko Ludiyono mengatakan, pihaknya mengetahui kebakaran itu, ada laporan dari penggunaan jalan sedang kebetulan lewat di lokasi kebakaran, kemudian langsung menuju ke titik api.

“Dua Mobil PMK kita terjunkan dan Alhamdulillah bisa kita atasi dengan cepat” tambah Joko. (Dur)

/