Lapas Tuban Banjir Pengunjung

1191
Antrean pengunjung masuk Lapas, petugas periksa barang bawaan pengunjung

kabartuban.com – Lembaga permasyarakatan kelas II B Tuban, dipenuhi ratusan warga dari berbagai wilayah kecamatan di Kabupaten Tuban bahkan dari luar kota pada hari kedua lebaran idul fitri 1438 Hijriyah ini, Senin (26/6/2017).

Warga yang datang tersebut adalah keluarga narapidana yang sedang menjalani hukuman di Lapas Tuban untuk bersilaturahmi dengan keluarganya, bertepatan dengan hari raya idul fitri.

“Setiap tahun selalu seperti ini, hari pertama setelah sholat idul fitri juga udah ramai,” ujar Humas Lapas Tuban Subiyanto (26/6/2017).

Menurut Subiyanto, hingga pagi tadi nomor antrian pembesuk keluarga warga binaan sudah hampir 200an pengunjung. Jumlah itu akan terus bertambah usai istirahat siang, karena jam besuk dibuka hingga dua sesi yakni pagi dan sore hari setelah istirahat hingga pukul 15.00 WIB.

“Rekapan data besuk kemarin ada 379 pengunjung, diprediksi jumlahnya dua kalilipat hari kedua lebaran ini,”  kata Subiyanto.

Di tempat berkunjung, suasana haru mewarnai pertemuan keluarga yang tidak dapat berkumpul di rumah mereka saat merayakan lebaran idul fitri. Mereka terpaksa bertemu di tempat besuk dengan jam terbatas karena keluarganya masih harus menjalani hukuman.

“Tadi habis membesuk Suami,” ujar seorang ibu, yang mengaku dari Kecamatan Grabagan, saat ditemui kabartuban.com di depan Lapas Tuban.

Sementara itu, pengunjung lain Hiron, mengaku akan membesuk saudaranya yang sedang menjalani hukuman. Pria ini mengaku sampai harus berdesak-desakan dan antri cukup lama karena banyaknya keluarga narapidana yang juga akan berkunjung.

“Ya Silaturahmi mas, kasihan sedang dihukum, kalau gak kita tengok nanti lihat orang-orang dikunjungi keluarganya jadi sedih,” katanya. (Luk)

/