Launching Tiga Perpustakaan Umum Awal April Mendatang

428
Perpustakaan umum mulai diminati

kabartuban.com – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tuban rencananya akan melaunching tiga perpustakaan di Kecamatan Tambakboyo, Widang dan Palang awal bulan April mendatang.

Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tuban, Joko Prijono menyatakan, sebelumnya sudah ada lima kecamatan yang memiliki perpustakaan, yakni di Jatirogo, Kenduruan, Rengel, Jenu, dan Kerek.

“Program perpustakaan merupakan salah satu program strategis untuk meningkatkan pengetahuan dan pemberantasan buta aksara di daerah-daerah terpencil,” ungkapnya kepada kabartuban.com, Jumat (3/3/2017).

Perpustakaan umum tersebut bakal menempati bangunan milik pemerintah yang sudah tidak digunakan lagi. Saat ini tengah dilakukan persiapan renovasi fisik.

“Di Kecamatan Palang, memanfaatkan bekas kantor kecamatan lama. Serta untuk Kecamatan Widang, gedung eks PKK yang tidak difungsikan mulai direnovasi kembali untuk bakal perpustakaan,” pungkasnya.

Sementara itu untuk Kecamatan Tambakboyo, menggunakan bekas kantor Pembantu Bupati jaman dulu, dan sekarang  dimanfaatkan untuk perpustakaan di tingkat kecamatan.

Joko menambahkan, dengan didirikannya perpustakaan ditingkat kecamatan tersebut, bisa lebih mendorong masyarakat pedesaan melek baca. Sehingga bisa meningkatkan pengetahuan, terlebih sumber daya manusia yang semakin membaik.

“Kami berharap pula partisipasi semua pihak atau perusahaan, agar program ini terus berkelanjutan, sehingga setiap Kecamatan bisa memiliki perpustakaan umum,” tutupnya. (har)

/