Lima Desa di Tuban Belum Cairkan Dana Desa

540

kabartuban.com – Hingga bulan Mei tahun ini, di Kabupaten Tuban terdapat lima desa yang belum mencairkan Dana Desa tahap pertama yang jumlahnya 60 persen dari total alokasi dana yang didapatkan oleh desa selama satu tahun.

Teguh Setyobudi selaku Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Media (Humas & Media) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban mengatakan bahwa, belum cairnya dana desa untuk kelima desa tersebut lantaran pemerintah desa belum mengajukan pencairan dana desa.

“Lima desa yang belum cair, karena pemerintah desanya belum mengajukan pencairan dana desa pada tahap pertama ini,” terang Teguh kepada kabartuban.com, Sabtu (21/05/2016).

Teguh mengaku pihaknya tidak mengetahui pasti apa permasalahan yang dihadapi oleh kelima desa tersebut, sehingga belum mengajukan pencairan dana desa tahap pertama sampai akhir Mei ini. Ia menduga Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMD) yang menjadi syarat pencairan dana desa belum selesai dikerjakan.

“Mungkin masih dalam penyusunan, tetapi kami harap segera diajukan,” kata Teguh

Kelima desa yang belum melakukan pencairan dana desa masing-masing adalah Desa Laju Lor, Kecamatan Singgahan, Desa Talun, Kecamatan Montong, Desa Sawir, Kecamatan Tambakboyo, Desa Dikir, Kecamatan Tambakboyo dan Desa Paseyan, Kecamatan Jatirogo.

“Selain lima desa itu, dana desa untuk 328 desa lainya yang ada di Kabupaten Tuban sudah dicairkan,” tutup Teguh. (lk/riz)

/