Lima Kuliner Khas Tuban Paling Matoh

7394
Tim kuliner Kabar Tuban di salah satu Rumah Makan Rajungan.

kabartuban.com – Selain terkenal dengan bentangan pantainya di sepanjanga Pantura, Kabupaten Tuban juga terkenal dengan berbagai menu masakan khas yang membuat setiap orang merindukannya. Rasa pedas dengan asin dan asam berbaur dalam menu cita rasa Bumi Wali. Kiranya belumlah lengkap para pecinta kuliner yang belum menjelajah kuliner putra Ronggolawe.

Dari sekian banyak masakan khas Tuban, 5 diantaranya yang saat ini cukup dikenal dan sedang ngetrend adalah ; 1. Kare Rajungan. Merupakan masakan dengan menu utama Rajungan laut yang dimasak sejenis kare. Rajungan pedas dengan bumbu khas Tuban dipadu kuah bersantan, saat ini menjadi salah satu trend khas Kabupaten Tuban. Restoran dan Rumah makan di Tuban cukup banyak yang menyediakan menu tersebut.

Kedua, Belut Pedas. Makanan khas yang satu ini seolah tak lekang oleh waktu. Meskipun bukan bersumber dari laut, belut pedas cukup digemari di Kota Tuban. Sejumlah warung tetap eksis selama bertahun tahun. Uniknya, warung belut khas Tuban dengan pedasnya itu, kebanyakan berada di daerah pedesaan dengan lokasi yang bisa dibilang tidak strategis. Dari sejumlah warung belut pedas yang ada di Tuban, hampir semuanya memiliki ciri masakan yang berbeda – beda. Meskipun sama belutnya dan sama pedasnya.

Ketiga, Becek Menthok. Dalam bahasa Indonesia hewan Menthok cukup tidak terkenal. Hewan dalam jenis unggas ini menjadi salah satu trend menu andalan di Kabupaten Tuban. Bisa dikatakan nikmat rasanya lebih premium daripada bebek dan ayam. Menthok yang kemudian dimasak dengan menu khas istimewa para raja terdahulu itu merupakan salah satu menu kuliner istimewa yang tidak akan banyak ditemukan di luar kota Tuban.

Keempat, Ndas Manyung. Ada salah satu menu kuliner di Tuban yang disebut dengan Garang Asem Ndas Manyung. Artinya, jenis masakan kuah Garang Asem dengan kekuatan rempah – rempah khas dan segar. Kemudian di dalam nya dimasukan kepala Ikan Manyung yang di masak bersamaan, membuat setiap orang merindukannya. Kepala ikan yang cukup besar dengan khas amis segar bercampur aroma rasa bumbu istimewa selalu menggugah selera.

Kelima, Oseng Cumi Hitam. Ikan cumi yang di oseng alias ditumis dengan membiarkan cairan hitam alami dari cumi – cumi, mungkin hanya ditemui di sejumlah kota. Diantaranya kota Tuban yang sangat kaya dengan beragam kuliner. Oseng cumi hitam khas Bumi Wali ini cukup sayang untuk dilewatkan. Selain membuat lidah menjadi amazing, oseng cumi hitam cukup banyak manfaatnya bagi tubuh.

Selain lima (5) kuliner tersebut, masih cukup banyak sekali menu masakan di Tuban yang dapat menjadi tujuan wisata kuliner kita selama berada di Kabupaten Tuban. Susah memang untuk menjelaskan rasa, namun tidak ada salahnya untuk kemudian kita coba sambil menikmati kota tua yang penuh dengan sejarah nusantara.

Penulis : Aidilla Winda P.
Editor : Diah Permata

/