Lingkungan Kumuh, Lurah Terancam Turun Jabatan

742
Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussain, M.Si saat memberikan sambutan dalam peringatan Hari Peduli Sampah 2017.

kabartuban.com- Wakil Bupati Tuban Ir. H. Noor Nahar Hussein,M.Si tidak main-main mensikapi lingkungan kumuh di kelurahan yang ada di Kabupaten Tuban. Karenanya orang nomor dua di Bumi Wali ini, mengancam akan menurunkan jabatan para lurah jika melihat pengelolaan lingkunganya buruk.

Pernyataan keras tersebut disampaikan Noor Nahar dalam peringatan Hari Peduli Sampah yang dilaksanakan di  tempat pelelangan ikan Kelurahan Karangsari, Kecamatan Tuban (28/2/2017) siang tadi.

“Lurah yang memiliki wilayah pantai atau aliran air jika masih kumuh akan saya turunkan menjadi Kamituwo (Kepala dusun) saja. Terutama Lurah Sidomulyo, jika tahun depan masih banyak tumpukan sampah akan menjadi catatan tersendiri,” ancam Wabup (28/2/2017).

Dijelaskan, wilayah Kecamatan Tuban atau kota menjadi wajah Kabupaten Tuban. Karenanya tidak boleh terdapat kantong-kantong sampah dan kumuh dalam kota yang akan menurunkan kualitas kebersihan kota. Pemerintah, masyarakat LSM dan stake holder lainya perlu memiliki kemauan dan niat bersama menjaga kebersihan.

Apalagi, kata Wabub, setiap penilaian Adipura, permasalahan dan catatan selalu berasal dari Wilayah pesisir yang kumuh.

“Disitu pasti banyak tumpukan sampah. Kita tidak mau lagi ada wilayah di Tuban yang menjadi wilayah kumuh lagi,” tandasnya.

Disampaikan pula, sampah akan menjadi mala petaka jika tidak ditangani dengan baik, karena dapat memimbulkan berbagai penyakit. Namun sebaliknya jika dikelola dengan baik sampah juga bisa menjadi barang bernilai ekonomis.

“Mari dorong berdirinya bank-bank sampah di Kabupaten Tuban, untuk menangani masalah sampah ini,” pinta Wakil Bupati Tuban Ir. H. Noor Nahar Hussein,M.Si ini. (Luk)

/