Lomba Peringatan HUT RI ke-71 Kecamatan Kota Didominasi Pelajar SD

713

kabartuban.com – Peringati HUT Kemerdekaan RI yang ke-71, Panitia Hari Besar Nasional (PHBN) Kecamatan Tuban mengadakan bermacam-macam kegiatan lomba mulai dari tingkat PAUD, SD/MI hingga SMP/MTs se-Kecamatan Tuban. Kegiatan tersebut dilaksanakan di beberapa tempat seperti di Kantor Kelurahan Latsari dan Kantor Kecamatan Tuban.

Menurut penuturan Dwi, selaku Koordinator Kegiatan tersebut, ada 12 jenis lomba yang diadakan untuk anak-anak dari tingkat PAUD, SD/MI dan SMP/MTs seperti lomba pidato Bahasa Jawa, Lomba Gerak Jalan tingkat SD/MI, Lomba Tari Kreasi, Geguritan dan lain-lain. Meski begitu, sejauh ini peserta yang paling ramai adalah lomba tingkat SD/MI se-Kecamatan Tuban.

“Seluruhnya ada 12 lomba, akan tetapi untuk yang tingkat SMP/MTs masih sedikit pesertanya. Yang ramai ya yang tingkat SD/MI ini,” tuturnya pada kabartuban.com, Selasa (23/8/2016).

Dwi melanjutkan,  jadwal kegiatan lomba tersebut diadakan disela-sela kegiatan lomba yang diadakan oleh pihak kabupaten guna menghindari bentroknya jadwal.

“Untuk waktunya, kami mencari waktu di sela-sela kegiatan kabupaten agar tidak crash waktunya. Selain itu, penggunaan fasilitas umum seperti jalan raya juga kami perhitungkan mengingat banyaknya jenis lomba,” paparnya.

Selain sebagai peringatan kemerdekaan RI, Dwi juga menyatakan bahwa kegiatan yang diadakan tersebut untuk mewadahi bakat dan minat anak-anak.

“Lepas dari itu, yang penting anak-anak ini semua kreativistasnya diwadahi sehingga mereka tidak menjadi remaja yang salah arah. Mengikuti berbagai lomba sangat baik dari pada mereka harus berkeliaran kemana-mana. Di event seperti ini mereka bisa bersaing untuk mencari prestasi yang nantinya bisa digunakan untuk nilai tambahan untuk masuk sekolah yang mereka inginkan,”jelasnya.

Dwi  menambahkan,  bahwa puncak dari kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 29 Agustus mendatang dengan kegaiatan karnaval SD/MI yang akan diadakan di kantor Kecamatan Tuban.

“Puncak kegiatanyya nanti tanggal 29, akan ada karnaval SD/MI start-nya dari Kantor Kecamatan Tuban dan finish-nya di Alun-Alun Tuban,” tuturnya.

Untuk kegiatan lomba tersebut, Dwi berharap untuk tahun depan akan ada lebih banyak peserta untuk lomba tingkat SMP/MTs se-Kecamatan Tuban.

“Untuk pesertanya, semoga tahun depan peserta SMP/MTs-nya bisa lebih banyak lagi,” tutupnya.(alf/har)

/