Majlis Al-Hikam Tuban Sambut Ramadhan Bumi Wali

416

kabartuban.com – Bulan suci ramadhan 1437 H telah tiba dan masyarakat muslim di dunia menyambutnya dengan bahagia, tidak terkecuali di Kabupaten Tuban yang disebut Bumi Wali, berbagai macam kegiatan telah disiapkan oleh sejumlah pihak, untuk meramaikan bulan berkah ini. Salah satunya Majlis Al-Hikam Tuban, di bawah naungan Yayasan Al-Hikam Tuban telah menyiapkan sejumlah kegiatan, bahkan sejak di penghujung bulan sya’ban menjelang ramadhan.

“Yayasan Al-Hikam Tuban sudah mulai kegiatan sejak bulan kemarin, yaitu Napak Tilas Bumi Wali yang ke-4, tepatnya pada tanggal 29 Mei 2016, dengan diikuti oleh sekitar 500 orang jama’ah Majlis Al-Hikam Tuban,” tutur Rizqi Sahputra, Ketua Yayasan Al-Hikam Tuban.

Menurutnya, kegiatan Napak Tilas Bumi Wali dengan menziarahi makam para Auliya’ di Kabupaten Tuban tersebut rutin diadakan setiap tahun, dengan rute yang berbeda. Terhitung sejak tahun 2013, Majlis Al-Hikam Tuban telah melakoni napak tilasnya untuk yang ke-4 kali.

“Untuk tahun ini, perjalanan (napak tilas, red) kita mengunjungi makam Sunan Bonang, Syeh Jalaluddin atau makam dowo (doromukti, red), Dandang Watjono (prunggahan wetan, red), Pangeran Penghulu (Bejagung kidul, red), Mbah Modin As’ary (Bejagung lor, red), Syeh Mulana (Atas Anging, red), Habib Abdul Qodir bin Alwi Assegaf (Atas Angin, red), dan Syeh Rifa’i atau Syeh Gentaru (Merakurak, red),” terang Shulton, Ketua panitia Napak Tilas Bumi Wali 2016.

Memasuki bulan Ramadhan kali ini, Yayasan dan Majlis Al-Hikam Tuban yang diasuh oleh Kyai Muhaiminsah atau yang akrab disapa Gus Iim ini juga telah mempersiapkan sejumlah kegiatan sosial.

Berdasarkan informasi yang diterima kabartuban.com, dalam Ramadhan kali ini kegiatan Al-Hikam Tuban cukup banyak, salah satu agenda utamanya adalah pengajian tasawuf di Pondok Pesantren Sendang Dlingu, Dusun Bawi, Desa Hargoretno, Kecamatan Kerek Tuban, yang diasuh langsung oleh Kyai Muhaiminsah dan Kyai Jamaluddin (Pengasuh Pon. Pes. Sendang Dlingu) dengan pembacaan kitab Kifayatul Atqiya’.

“Gus iim ngaji di pondoknya Kyai Jamal Sendang Dlingu Mbawi sampai tanggal 17 Ramadhan nanti. Kemudian akan dilanjutkan kegiatan Bakti Sosial dan peringatan Nuzulul Qur’an di Desa Sidonganti, bekerjasama dengan masayarakat desa setempat dan jama’ah Al-Hikam Tuban yang ada di sana, ada santunan anak yatim dan fakir miskin juga,” ungkap Rizqi Sahputra. (nif/har)

/