Mancing, Cara Menyenangkan Tunggu Bedug Buka Puasa

1096
Sambil nunggu bedung buka puasa, para pecinta mancing saat memainkan kailnya.

kabartuban.com – Muara sungai di sekitar jembatan Desa Kradenan, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, menjadi lokasi ngabuburit (menunggu bedug buka puasa) favorit warga,  terutama mereka yang suka memancung. Sejak masuk bulan puasa tempat ini semakin ramai oleh warga sekitar Kecamatan Palang maupun lain seperti Kecamatan Tuban, Semanding hingga Merakurak.

Sebagian besar warga yang datang kelokasi memang sengaja menghabiskan waktu sambil menunggu bedug magrib tiba. Tempat yang tidak terlalu panas membuat para pemancing semakin asik di pinggir sungai yang arunya langsung masuk ke laut ini.

“Kalau nganggur saja mas. Ini kegiatan tidak melelahkan sekalian nunggu magrib,” ujar Deny, warga Kecamatan Semanding yang ditemui kabartuban.com dilokasi mancing  (30/5/2017).

Menurut Deni, tempat ini sangat cocok untuk mancing saat bulan puasa, karena tidak terasa waktu sudah berlalu dan rasa lapar akan sedikit tak terasa saat memancing, apalagi mendapatkan ikan.

Ditempat ini ada beberapa jenis ikan air payau yang bisa didapat para pemancing jika beruntung, seperti ikan keting, maupun ikan belanak yang hidup di air payau, bahkan ikan kakap kadang juga bisa didapat.

“Belum dapat ikan lain ini baru keting, tapi biasanya ada ikan belanak juga,” terang Deni.

Sementara itu Ardi, warga lain di lokasi ngabuburit mengaku hanya nongkrong dilokasi mancing, dia sendiri tidak begitu hobi memancing dan hanya ingin menghabiskan waktu sambil menunggu bedug magrib tiba. “Ikut ngabuburit saja mas, gak begitu suka mancing,” kata Ardi.

Lokasi mancing semakin ramai memasuki sore hari, tidak kurang dari seratus orang duduk dipinggir sungai sambil mengacungkan joran pancingnya ke arah air sungai. Sesekali nampak pemancing menarik dan menggulung benang pancingnya menandakan seekor ikan sudah berhasil kena mata kail. (Luk)

Apa Komentarmu?

SHARE