Manfaatkan Hasil Kekayaan Laut, Plaza Ikan Hasilkan 24 Ribu Ton Ikan Pertahun

1
Plaza Ikan, Tuban.

kabartuban.com – Salah satu potensi kemaritiman Indonesia atau potensi sumber daya laut Indonesia adalah perikanan, sektor ini juga juga yang diandalkan dalam pembangunan nasional. Hal ini yang akhirnya menjadi potensi sektor perikanan khususnya di Kabupaten Tuban.

Dengan memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) sekitar 18.000-19.000 nelayan yang berada di 5 Kecamatan yaitu Bancar, Tambakboyo, Jenu, Tuban, Palang dan tersebar di 28 desa pesisir. Produksi yang dihasilkan pertahun pun kurang lebih 24.000 ton.

Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Tuban juga membuat konsep yang saling terintegrasi yang saat ini dinamakan Plaza Ikan, tepatnya berada di Karangsari, Tuban.

“Kita membuat sebuah konsep yang dimana didalamnya saling terintegrasi yang didalamnya ada beberapa item kegiatan,” ungkap M. Amenan selaku Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan, Rabu (13/10/2021).

Ia juga menambahkan bahwa ada konsep tempat pelelangan dan juga terdapat koperasi yang berjualan ikan basah dan ikan asap

“Harapan kita konsepnya adalah di Plaza Ikan ada tempat pelelangan, ada koperasinya, ada pasar ikan basahnya, dan juga ada yang berjualan ikan asap. Dan itu menjadi satu kesatuan,” jelasnya.

Nantinya konsep tersebut akan dikembangkan menjadi tempat sarana rekreasi berwisata akhir pekan dan kulineran dengan ciri khas masakan khas Kabupaten Tuban.

“Memang konsep idealnya juga sebagai saran rekreasi karena nelayan di sekitar pantai adalah nelayan pancing, dan kedepannya harapan kami ingin membuat tempat wisata sekaligus kulineran dengan masakan khas Kabupaten Tuban,” ujarnya.

Dengan didirikannya Plaza Ikan sebagai sarana penunjang ekonomi masyarakat sekitar, hal tersebut nyatanya memiliki dampak positif bagi para penggiat usaha di sekitar Plaza Ikan. Salah satunya adalah Nira (30) yang merasa sangat senang dengan adanya tempat Plaza Ikan tersebut.

“Ya alhamdulillah merasa terbantu, cuma semenjak covid-19 berlangsung ramai nya ya hanya Sabtu dan Minggu saja,” ujarnya.

Tidak hanya menjual berbagai jenis ikan, pedagang Plaza Ikan juga banyak menjual olahan ikan seperti ikan asap, ikan asin, dan berbagai komponenn masakan khas daerah Tuban seperti petis dan terasi yang terbuat dari olahan kekayaan laut pesisir Tuban tersebut. (hin/dil)

/