Masyarakat Miskin Kini Bisa Kembangkan Usaha Melalui Pinjaman Modal Desa

125

kabartuban.com – Pemerintah desa Bulurejo, Kecamatan Rengel, sosialisasikan program pinjaman desa, kepada masyarakat desa setempat. Sosialisasi dilakukan pemerintah di kantor desa dan diikuti puluhan masyarakat calon penerima pijaman.

Menurut Kepala desa Bulurejo, Rengel, Yauri, program pinjaman desa tersebut diberikan kepada warga desa yang masuk kategori kurang mampu dan rentan miskin, namun memiliki usaha untuk dikembangkan.

“Dana ini untuk warga yang masuk kategori ekonomi rentan miskin, kami ingin memperdayakan untuk mengembangkan usahanya,” ujar Yauri Kepala Desa Bulurejo.

Dari program tersebut, total ada 500 warga desa Bulurejo yang masuk diklafikasi berdasarkan 2015, selanjutnya, data tersebut akan di falidasi kembali, untuk ditetapkan penerima yang akan mendapatkan dana pinjaman pengembangan usahanya.

“Mudah mudahan, mereka yang rawan miskin ini, mampu bangkit dan mengembangkan usaha sesuai dengan potensi mereka,” lanjut Kepala Desa.

Program pemerintah dana pinjam desa disediakan oleh provinsi sebesar Rp65.000.000 per desa. Dana akan disalurkan kepada masing-msing masing warga, dengan jumlah yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan kelayakan usaha mereka.

Dengan adanya program ini, masyarakat dapat terbantu, dan memiliki kesempatan mengembangkan usaha, selain meminjam mudah prosesnya, warga yang meminjam hanya dikenakan bunga kurang dari satu persen.

“Ya senanglah mas, bisa dibuat tambahan modal,” ujar Ahmad warga desa Bulurejo. (Hon)

Apa Komentarmu?

SHARE