Mendekati Lebaran, Harga Bumbu Dapur Meroket

140

kabartuban.com – Beberapa hari mendekati lebaran idul fitri, harga bumbu dapur di Pasar Baru Tuban mengalami peningkatan harga cukup signifikan, kenaikan harga menurut sejumlah pedagang karena tingginya permintaan sementara pasokan dari pemasok tidak begitu banyak. Kenaikan harga paling terasa dialami cabai Kriting, dan kemiri yang harganya mencapai Rp40.000 per Kilogram (Kg).

Pantauan kabartuban.com di Pasar Baru Jalan Gajahmada Tuban, tidak banyak stok cabai yang dimilik pedagang, yang biasanya memenuhi sejumah lapak di pasar yang mnjadi induk pasar tradisional di Kabupaten Tuban itu. Beberapa lapak bahan hanya menyediakan cabai kurang dari sepuluh kilogram hari ini.

“Naiknya langsung mas, dua hari lalu masih 28, kemarin 38, sekarang sudah 40 untuk cabai kriting. Kalau cabai rawit masih 28 ribu,” ujar Rumiatun, pedagang cabai di Pasar Baru Tuban.

Tidak hanya cabai, harga komoditas lainnya seperti bawang putih dan bawang merah juga mengalami peningkatan meski tidak terlalu signifikan, bawang putih saat ini dihargai Rp20.000 per Kilogram (Kg) dari harga sebelumnya Rp19.000 per Kg. Sedangkan untuk bawang merah dari harga Rp26.000 per Kg naik menjadi 29.000 per Kg.

“Bawang harga segitu sudah sangat mahal, karena biasanya masih dibawah 25 ribuan,” terang Rumi.

Tidak hanya cabai kriting, dan bawang, cabai plompong, atau cabai besar yang jarang mengamami kenaikan juga ikut ikutan naik, menyamai harga cabai kriting.

“Gak biasanya cabai besar ini naik, karena tidak terlalu sering digunakan, kemarin 28, sekarang 40 ribu,” kata pedagang lainya, Hariyatun.

Menurut Hariyatun, kenaikan harga diprediksi akan terus terjadi dan puncaknya pada satu hari menjelang lebaran. Biasanya harga bumbu dapur akan berangsur turun sepekan setelah lebaran dan harga akan kembali normal.

“Menjelang lebaran biasanya puncak kenaikan, sampai seminggu setelah lebaran turun,” terang pedagang bumbu dapur dan sayuran di Pasar baru Tuban itu.

Sementara itu, Ratna, ibu rumah tangga yang ditemui usai membeli bahan dapur mengaku, tidak terlalu kaget dengan kenaikan harga saat menjelang lebaran, karena hal itu sudah lumrah terjadi.

“Sudah biasa mas, jangankan bumbu dapur mas, jajan anak anak saja naik kalau mau lebaran,“ terang Ibu ini. (hon)

Apa Komentarmu?

SHARE