Menjelang Ramadan, Pedagang Bunga Sekar Mulai Gelar Lapak

156

kabartuban.com – Sejumlah pedagang bunga sekar, mulai menggelar dagangan mereka, sambut datangnya Bulan Suci Ramadan, di jalan Sunan Kalijogo Tuban. Sejak pagi, mereka sudah menggelar dagangannya di pinggir jalan menunggu warga yang akan melaksanakan tradisi nyekar dimakam leluhur sebelum Ramadhan.

Menurut Lilik (41), salah satu penjual bunga mengatakan, sehari sebelum bulan suci Ramadan ini menjadi berkah bagi dia dan pedagang bunga lainnya, yang menggelar lapak disekitar jalan Sunan Kalijogo, yang memanfaatkan moment tersebut untuk berdagang,

“Kalau mau puasa buka mas, penjualan ya alhamdulilah laris, pagi sudah banyak yang beli, nanti sore biasanya lebih banyak,” kata Lilik.

Penjual bunga di kawasan Kalijogo, sengaja membuka lapaknya dua hari menjelang bulan suci Ramadan, banyaknya warga yang ingin berziarah ke makam keluarga menjadi peluang usaha bagi pedagang ini.

Meski penjualan bunga lebih laris dari hari-hari biasanya, menurut perempuan yang tinggal di kawasan Jalan Pramukan itu mengakui, jika penjualannya dibanding tahun-tahun sebelumnya mengalami penurunan.

“Dulu tidak sampai sore sudah habis mas, ini jam segini masih sisa banyak,” kata Lilik.

Sementara itu, Choirul, pembeli bunga mengatakan, nyekar dan berziarah ke makam leluhur sebelum Ramadhan, sudah menjadi tradisi keluarganya. Selain nyekar dia juga datang untuk mengirimkan doa kepada keluarganya yang sudah meninggal.

“Sering mas beli disini, Ini beli 2 bungkus, buat nyekar dan doa di makam keluarga nanti sore,” kata Choirul. (Hon)

Apa Komentarmu?

SHARE