Merakurak dan Parengan Siap Laksanakan Pilkades

555
Camat Parengan, Didik Purwanto bersama Kapolsek dan Danramil saat melakukan pengecekan kesiapan panitia Pilkades serentah Besok di salah satu desa dari tida desa yang mengelar pilkades di kecamatan tersebut.

Kabartuban.com- Dua desa di Kecamatan Merakurak sudah siap untuk mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada tanggal 8 Desember besok. Dua desa tersebut adalah Desa Kapu dan Desa Sumber, Kecamatan Merakurak, Tuban.

Hal itu dipastikan oleh Kepala Camat Merakurak, Sugeng Winarno, menyatakan bahwa mulai selasa kemarin (6/16) sudah melakukan simulasi bersama panitia pilkades dan Pelindung Masyarakat (Linmas), dan menyiapkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) beserta segala keperluan didalamnya.

“Kita sudah siap melaksanakan pilkades besok, untuk keperluan logistik dan lainnya tengah disiapkan hari ini juga,” terang Sugeng, saat ditemui di kantornya (7/12).

Dijelaskan, sejauh ini Calon Kepala Desa (Cakades) yang sudah terdaftar dari Desa Sumber terdapat tiga calon dengan hak pilih suara sebanyak 1073 orang. Sedangkan dari Desa Kapu terdapat dua calon dengan hak pilih suara sebanyak 2440 orang.

“Sesuai dengan Perda dan Perbub, kita akan laksanakan Pilkades sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan,”ujarnya.

Sedangkan di Desa Kapu keseluruhan DPT 2.455, laki-laki 1.221, perempuan 1.234 yang terbagi pada dua dusun, yakni dudun Krajan dan Dudn Bororejo. Sedangkan Cakades pasangan suami istri dari Dusun Bororejo atas nama H.Darmu.SH dan Hj.Supatmi HS.

Selain itu, Sugeng juga telah mengantisipasi kendala-kendala yang mungkin terjadi dalam pelaksanaan nanti, seperti kondisi cuaca yang tidak menentu.

“Masing-masing TPS berada di Balai Desa, sehingga jika ada hujan pemilihan akan tetap berjalan,” kata Sugeng.

Pilkades adalah proses demokrasi yang harus dijalankan oleh sistem pemerintahan. Maka dari itu, pihaknya memastikan bahwa sampai saat ini dari kedua desa dipastikan aman dan saling membangun kebersamaan, demi kelancaran pilkades tahun ini.

“Saya harap, nanti yang kalah agar mampu menerima dengan lapang dada dan yang menang jangan sumbar agar tidak terjadi kericuhan,” pungkasnya.

Sementar itu, di Kecamatan Parengan Muspika setempat juga melakukan pengecekan kesiapan panitia, yang mana di wilayah tersebut terdapat tiga desa yang juga melakukan Pilkades serentak, diantaranya Desa Margosari, Kemlaten dan Desa Sukorejo.

“Alhamdulillah, semua sudah siap, semuga besok berjalan dengan lancar, “kata Didik Purwanto Camat Parengan. (din)

/