Mudahkan Calon Pendaftar, SMK TJP Rilis Aplikasi Android “Daftar TJP”

788

kabartuban.com – Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, guna memudahkan calon pendaftar, SMK Taruna Jaya Prawira (TJP) Tuban sebagai salah satu sekolah kejuruan swasta terbesar di Kabupaten Tuban dalam pelaksanaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2016/2017 merilis aplikasi android yang diberi nama Daftar TJP.

Dengan aplikasi ini, calon pendaftar hanya perlu memasukan nomor ujian nasional SMP/MTs. Setelah itu, sistem secara otomatis akan men-generate info data diri siswa mulai dari Nama Lengkap, Alamat Lengkap hingga Jumlah Nilai Ujian Nasional.

“Calon pendaftar hanya perlu memasukan nomor ujian nasional saja, selanjutnya akan di generate oleh sistem. Tetapi sistem ini hanya untuk siswa yang berasal dari sekolah di Kabupaten Tuban,” ujar Dhidhin Haris selaku Kepala Program Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) yang juga pembuat aplikasi Daftar TJP.

Setelah data di generate oleh sistem, selanjutnya calon pendaftar diharuskan memilih jurusan yang diinginkan maksimal tiga pilihan. Kemudian, calon pendaftar akan mendapatkan pin yang nantinya digunakan untuk penyerahan berkas dan tes berbasis komputer di SMK TJP.

“Jika sudah menentukan pilihan jurusan, calon pendaftar akan mendapatkan pin yang bisa digunakan untuk tes berbasis komputer di sekolah,” terang Dhidhin kepada kabartuban.com, Jumat (24/06/2016).

Sementara itu, Rizal salah satu pendaftar yang menggunakan aplikasi Daftar TJP mengaku sangat dimudahkan dengan adanya aplikasi ini. Proses pendaftaran menjadi lebih cepat tanpa perlu antri formulir.

“Dengan aplikasi ini saya sebagai calon pendaftar lebih dimudahkan, saya tidak perlu antri formulir pendaftaran. Hanya download aplikasinya di Play Store, isikan nomor ujian, pilih jurusan, dapat pin dan mengikuti ujian berbasis komputer di SMK TJP,” kata Rizal.

Untuk diketahui, pendaftaran peserta didik baru di SMK TJP dimulai pada tanggal 20 Juni hingga 2 Juli 2016. SMK TJP juga telah menyiapkan ratusan komputer untuk pelaksanaan ujian para peserta didik baru. (har)

/