Musim Kemarau 2018, BPBD Tuban Anggarkan Dana Rp175 Juta

263

kabartuban.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban menyiapkan anggaran sebesar Rp175 juta untuk bantuan droping air bersih ke sejumlah daerah yang mengalami krisis air bersih, Rabu (11/7/2018).

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tuban, Joko Ludiyono mengatakan, dana tersebut dinilai cukup untuk membantu mengatasi dampak kekeringan saat musim kemarau saat ini.

Data yang berhasil dihimpun Kabartuban.com, pada tahun 2015 lalu, jumlah desa yang rawan kekeringan mencapai 50 desa, untuk tahun 2016 tidak terjadi kekeringan karena kemarau bersih. Sedangkan pada tahun 2017 ada 26 desa.

“Dana tersebut kami anggarkan sebesar itu terlebih dulu, untuk nanti kalau dampak kekeringan meluas, akan diambil dana tak terduga,” tambahnya.

Berdasarkan perdiksi Badan Meteorogi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), musim kemarau yang terjadi di daerah Kabupaten Tuban akan berlangsung hinggan akhir Oktober ini.

Diberitahukan sebelumnya, BPBD mendroping dua Kecamatan yakni, Kecamatan Semanding dan Kecamatan Grabagan, karena daerah tersebut yang dirasa dampak kekeringan paling rawan. (Dur)

Apa Komentarmu?

SHARE