Nelayan Sesalkan Patung Kongco di Tutup Kain

13387
Tampak Patung Kwan Sing Tee Koen atau Kongco yang akhirnya tertutupi kain putih dengan sempurna.

kabartuban.com – Polemik adanya Patung Kongco Kwan Sing Tee Koen yang berada di area Klenteng Kwan Sing Bio Tuban, tidak selamanya merugikan, seperti halnya para nelayan yang berada di pesisir kota Tuban, mereka bersyukur dengan adanya Patung tersebut, karena sebagai tanda daratan ketika kembali melaut.

Hal tersebut seperti yang disampaikan oleh salah satu nelayan yang berada di Kelurahan Sidomulyo Tuban, Eko (27), ia menyesalkan beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab, yang menyebarkan issu yang tidak jelas, yang berujung di tutupnya patung Kongco.

“Eman mas, patungnya di tutupi, padahal bisa dipakai tanda titik daratan oleh nelayan,  kalau  seperti  ini,  dilaut ya gak kelihatan,” kata Eko kepada kabartuban.com, Minggu (6/8/2017).

Hal senada juga dikatan oleh Syaefudin (28) Nelayan yang berada Kelurahan Karangsari, kalau patung tersebut juga bermanfaat sebagai arah-arah posisi angin, yang ketika mengetahui posisi pas untuk menurunkan alat yang digunakan untuk menangkap ikan di Pantai Utara Laut Jawa ini.

“Penak loh mas asline, nelayan tidak usah susah-susah menebak arah posisi anginya,” imbuh Saefudin.

Untuk diketahui, patung tertinggi se- Asia Tenggara dan mendapatkan Rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) serta diresmikan oleh Ketua MPR RIN Zulkifli Hasan pada tanggal 17 Juli 2017, kini sudah tertutupi kain putih seluruhnya, karena belum memiliki  Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dari Pemkab Tuban. (dur)

/