Nilai UNBK Tingkat SMA di Tuban Tahun Ini Menurun

726

kabartuban.com – Nilai Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sederajat dikabupaten Tuban tahun ini, mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Kepala Dinas Cabang Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Kabupaten Tuban, Edy Sukarno mengataan, banyak faktor yang menyebabkan turunnya nilai hasil ujian nasional komputer siswa SMA diantaranya, sistem baru penggunaan komputer sebagai alat ujian, menurunya motivasi siswa, karena ujian nasional bukan satu satunya penentu kelulusan.

”Penyebabnya kualitas soal yang dinaikan, menurunnya keseriusan motivasi belajar siswa, sehingga management pembelajaran di sekolah tidak terlalu tinggi, peran keluarga, masyarakat dan juga pemerintah.” Terang Edy.
Sebagaimana yang menjadi kebijakan pemerintah secara nasional Dinas Pendidikan Provinsi cabang Tuban sendiri telah mengumumkan hasil ujian nasional komputer pada 3 Mei kemarin secara serentak melalui sekolah sekolah tepat siswa menempuh pendidikan.

“Tiga Mei 2018 kemarin merupakan hari pertama untuk pengumuman kelulusan siswa jenjang SMA dan SMK untuk seluruh Indonesia baik yang UNBK dan Ujian Nasional menggunakan Kertas dan Pensil (UNKP),” kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi cabang tuban ini.

Lebih lanjut Edy menjelaskan, jumlah peserta Ujian Nasional SMA/MA sederajat tahun ini mencapai 12.041 siswa. Rinciannya, peserta SMA di sebanyak 3.792 siswa, Madrasah Aliyah (MA) 3.043 siswa dan SMK berjumlah 5.026 siswa.

“Tahun ini peserta ujian lebih banyak dari tahun sebelumnya,” imbuh Edy.

Adapun, untuk perolehan nilai tertinggi rata-rata mata pelajaran menurut Edy, masih didominasi oleh sekolah menengah atas negeri di Tuban, seperti SMAN 1 TUBAN, SMKN 1 TUBAN, & SMKN 2 TUBAN, sayangnya Edy tidak menyebtkan detail nilai yang didapatkan siswa di sekolah-sekolah tersebut.

“Harapannya Pendidikan harus selalu melakukan perubahan- perubahan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan baik itu dari mutu guru, management mengajar dan kualitas peserta didik,” Pungkas Edy. (Dia)

Apa Komentarmu?

SHARE