Noor Nahar: Koperasi Harus Memulai Berbasis Teknologi

208

kabartuban. comĀ – Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussein meminta Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) mendorong kegiatan koperasi yang ada di Tuban mulai menggunakan sistem online dan berbasis aplikasi untuk memberikan kemudahan bagi para anggotanya. Hal itu juga untuk menghadapi persaingan di era digital yang terus berkembang dewasa ini.

“Sudah saatnya Koperasi beralih dari sistem konvensional menuju sistem online dan berbasis aplikasi menggunakan teknologi modern,” kata wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussein, usai mengikuti puncak peringatan Hari Koperasi Nasional di Pendopo Krido Manunggal, Selasa (7’8/2018)

Menurut wakil bupati Tuban, koperasi harus mulai mengenal jejaring dan sistem online dalam memasarkan produk dan programnya untuk menghadapi era bisnis saat ini.

“Jika koperasi tetap inginmenjadi penyokong perekonomian masyarakat, pemanfaatan teknologi terlebih aplikasi berbasia android adalah sebuah keniscayaan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tuban, Agus Wijaya mengatakan, tidak memungkiri pentingnya menggunakan teknologi informasi untuk mengembangkan koperasi, utamanya managemen perdagangan, seperti jualan secara online dan pemasaran dengan media aplikasi.

“Di Kabupaten Tuban sudah ada koperasi berbasis teknologi. Kaitannya dengan pemasaran produk, tantangan ini yang harus dijawab dan disesuaikan dengan teknologi kekinian saat ini oleh Koperasi,” kata Agus.

Adapun di Kabupaten Tuban sendiri terdapat 1241, koperasi yang terdata, dari jumlah tersebut tidak seluruhnya aktif dan berjalan sebagaimana tujuan pokok koperasi, karena ada 30 persen koperasi dinyatakan tidak sehat dan terancam akan dibubarkan.

“Dari sekian koperasi itu jumlah aset atau uang yang bergerak kurang lebih 700 milyar. Selanjutnya koperasi yang tidak aktif itu segera dievaluasi,” imbuh Agus.(Luk)

Apa Komentarmu?

SHARE