Overproduksi, Harga Cabai Terjun Bebas

1623
Pedagang Cabai di Pasar Baru Tuban

kabartubartuban.com – Satu bulan terakhir, harga cabai disejumlah pasar tradisional di Kabupaten Tuban, terjun bebas hingga Rp12.000 per kilogram-nya, padahal sebelumnya masih berada di kisaran Rp25.000-Rp30.000 per kilogramnya.

“Saat ini harga cabai rawit Rp12.000 per kilogram, cabai kriting Rp16.000-Rp17.000, sementara cabai hijau antara Rp12.000-Rp13.000 per kilogramnya, harga turun semuanya, karena sekarang musim panen, ini pasar juga sepi,” kata Rumiatun pedagang cabai di pasar Tradisional, Jalan Gajahmada, Tuban.

Tidak hanya cabai, harga komuditas lainya juga ikut turun, seperti bawang putih dan bawang merah, saat ini harganya Rp20.000 per kilogram, bawang merah Rp15.000 per kilogram hingga Rp17.000 per kilogramnya.

“Sama saja mas, bawang juga murah, malah bawang merah kecil itu sampai dua belas ribu per kilo,” katanya.

Menanggapi penuruhan harga sejumlah komuditas di pasaran, Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Kabupaten Tuban, Drs. Agus Wijaya mengatakan, penurunan harga cukup seknifikan tersebut disebabkan tingginya produki cabai saat ini yang memasuki musim panen.

“Ada over produksi cabai dan panen barengan salah satu penyebabnya,” kata Agus Wijaya.

Lanjut Agus, beberapa daerah di Kabupaten Tuban juga menjadi sentra produksi cabai, seperti Kecamatan Bancar dan Grabagan, dari beberapa daerah ini juga tengah panen saat ini.

“Seperti Semanding, Grabagan dan sekitarnya menjadi sentra produksi cabai kami,” katanya. (Luk)

/