Panen Jagung Membaik, Harga Masih Rendah

613
Salah satu petani di Kecamatan Kerek Tuban saat memanen jagung.

kabartuban.com – Musim panen jagung tahun ini dirasa cukup, sebagian besar hasil panen mengalami peningkatan produksi dibanding musim sebelumnya, membaiknya kualitas dan produksi jagung ini masih dirasa belum berbading lurus dengan harga jagung yang dinilai masih cukup rendah (6/2/2017).

“Panen membaik, harga membaik, namun tidak seknifikan,” kata Andri, petani sekaligus pedagang jagung, warga Padasan, Kecamatan Kerek.

Menurut Andri, saat ini harga jagung pipilan kering Rp3.300 per kilogram, harga tersebut sebenarnya bisa lebih mahal. Namun hal itu masih dapat dimaklumi karena saat ini sedang panen raya dan hampir menyeluruh. Sebagaimana hukum pasar berlaku dimana produksi melimpah akan terjadi penurunan harga karena tidak seimbangnya permintaan atau kebutuhan.

“Sekarang masa panen raya, mungkin saat panen mulai berkurang harganya bisa naik, biasanya kalau jagung di petani mulai sedikit harganya bisa sampai Rp4.000 per kilogramnya,” terang Andri.

Sejak bergulirnya Keputusan Presiden (Kepres), Joko Widodo, tentang penetapan harga pembelian jagung sebesar 3.150 per kilogramnya di tingkat petani, yang mengharuskan Perum Bulog dan Industri membeli jagung Rp3.500 per kilogramnya, harga jagung tidak pernah dibawah Rp3.000 per kilogramnya, ini juga mendorong petani semakin bergairah dalam menanam jagung.

“Sekarang sudah ada perlindungan harga jagung melalu Kepres tentang harga minimal, sejak saat itu harga jagung tidak pernah dibawah Rp3.000,” katanya.

Andri juga berharap, saat musim panen, pemerintah ikut awasi harga, agar tidak dimainkan oleh spekulan dan tengkulak nakal. Selain masa panen, masa tanam juga perlu pengendalian peredaran pupuk, agar ketersediaan terjaga.

“Kita berharap pemerintah memberikan perlindungan bagi petani, mulai dari awal hingga panen, seperti pengendalian harga, dan pengawasan atau berantas mafia pupuk,” harap Petani yang masih berstatus Mahasiswa di Salah satu perguruan tinggi di Tuban ini.

Terpisah, petani lain di Kecamatan Montong, Kisworo juga membenarnak jika saat ini panen jagung membaik, menurutnya cuaca musim ini cukup bersahabat terutama bagi ladang jagung.

“Cuaca membaik, hujan cukup bagi tanaman jagung, ini meningkatkan kualitas jagung dan produksi,” kata kisworo.  (Luk)

/