Pasokan Minim, Harga Ikan Laut Naik

366
Para pedagang ikan di Tepat Pelelangan Ikan (TPI) Keluragan Karangsari, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban.

kabartuban.com – Cuaca yang tidak bersahabat bagi para nelayan masih menyelimuti laut utara Pulau Jawa di Kabupaten Tuban, hal tersebut membuat sebagian nelayan di Bumi Wali ini enggan melaut, mereka mengaku tidak berani melaut lantaran ombak tinggi bisa mengancam kapan saja terutama nelayan dengan kapal kecil.

Tidak melautnya sebagain para nelayan ini kemudian jumlah pasokan ikan di Tepat Pelelangan Ikan (TPI) menurunkan, salah satunya di TPI Keluragan Karangsari, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban.

Dari pantauan kabartuban.com, rata-rata harga ikan naik mulai Rp10.000 hingga Rp20.000/Kilogram dari harga biasanya saat cuaca di laut normal. “Naik dari Rp10 ribu sampai 20 ribu per kilonya mas, hampir semua jenis hasil laut,” kata Sri’ah pedagang ikan di TPI Karangsari (11/02/2017).

Seperti ikan Tongkol, yang sebelumnta hanya Rp20.000/Kg, saat ini menjadi Rp30.000 hingga Rp35.000/Kg, sementara harga Udang jauh lebih mahal lagi yakni Rp100.000/Kg, padahal biasanya udang laut ini hanya Rp70.000 hingga Rp75.000/Kg.

“Udang malah Rp100 ribu sekarang, kalau yang kecil 70 ribu,” katanya.

Selain mahal, dikarenakan pasokan minim, untuk beberapa jenis komuditas hasil laut bahkan sama sekali tidak ada, seperti rajungan dan Cumi-cumi. “Saya malah gak punya rajungan sama cumi, kosong sejak kemaren gak tahu sekarang harganya berapa,” terang Sri’ah.

Menurut pedagang ikan ini, minimnya pasokan sudah terjadi sejak hampir dua pekan terakhir, biasanya untuk mendapatkan ikan tidak terlalu sulit karena banyak nelayan yang pergi melaut, namun saat ini untuk mendapatkan ikan lebih banyak, pedagang mendatangkan dari kecamatan lain, Seperti Kecamatan Palang yang mayoritas nelayannya memiliki perahu besar.

“Sudah sepuluh hari, kalau ikan ini ada yang diambil dari Kecamatan Palang, soalnya nelayan sekitar sini umumnya perahu kecil banyak yang gak melaut,” pungkas Sri’ah. (Luk)

Apa Komentarmu?

SHARE