Pastikan Lapas Bersih, Rutin Lakukan Razia

782
Petugas Lapas Kelas II B Tuban saat melakukan Razia di kamar para Napi.

kabartuban.com – Sejumlah Petugas Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II B Tuban, lakukan pengeledahan di kamar, loker dan Almari milik para Napi. Pemeriksaan ini untuk memastikan tidak ada barang yang dilarang disimpan oleh para penghuni lapas.

Selain memeriksa tempat tidur dan penyimpanan barang, para napi juga tidak luput dari pemeriksaan petugas, satu-persatu disuruh keluar dari kamar dan di geledah oleh petugas.

Kepala Lapas Tuban, RB. Danang Yudiawan mengatakan, razia yang dilakukan tersebut untuk mengantisipasi barang terlarang yang disusupkan di kamar hunian Napi. Seperti Narkoba, benda tajam dan barang lainya yang berpotensi bahaya.

“Razia ini untuk memastikan kemanan dalam lapas sejalan dengan aturan dan arahan pimpinan, utamanya melihat adakah barang yang disusupkan di kamar warga binaan,” kata Danang (06/02/2017).

Dalam razia tersebut, petugas tidak menemukan barang berbahaya yang dimaksud, seperti senjata tajam dan Narkoba, akan tetapi petugas mengamankan sejumlah barang milik penghuni lapas yang berpotensi bahaya, seperti sendok dan benda berbahan logam lainya.

“Hasilnya kita lihat bersama tidak ditemukan barang yang kita maksud, jika tadi ada beberapa barang yang kita amankan, untuk pencegahan saja,” katanya

Penggeledahan dan razia ini rutin dilakukan, untuk mamastikan tidak ada pelanggaran dalam lembaga permasyarakatan. Disamping itu penggleledahan juga bentuk proteksi untuk memastikan kondisi dalam lingkungan Lapas kondusif.

“Kita siap kapan saja melakukan penggeledahan, bahkan jika rekan wartawan mengajak untuk penggeledahan ayo saja saya temani,” katanya.

Sementara itu, salah satu penghuni lapas mengataan, sudah sering ada pemeriksaan yang dilakukan petugas, bahkan pemeriksaan ini sudah biasa dilakukan.

“Diperiksa saja mas, kamar dan tempat-tempat barang, kami tahu itu untuk memastikan tidak ada Narkoba atau Sajam disini,” kata Pria berambut ikal yang menolak menyebutkan namanya. (luk)

/