Pastikan Mudik Aman, Satlantas Munculkan Terobosan Aksi Keselamatan

1038
Petugas Dishub dan Satlantas Polres Tuban saat melakukan razia pada kendaran angkutan umum di depan Terminal Baru Tuban.
Kasat Lantas Polres Tuban, AKP Eko Iskandar
Kasat Lantas Polres Tuban, AKP Eko Iskandar

kabartuban.com – Dalam rangka menekan angka kecelakaan mobil penumpang yang masuk ke wilayah Jawa Timur, Sat lantas Polres Tuban membuat terobosan kreatif aksi keselamatan dengan membuat pos pemeriksaan gabungan permanen di jalur poros utama pantura Jateng – Jatim yang berada di Kabupaten Tuban.

Kasat Lantas Polres Tuban, AKP. Eko Iskandar menyatakan, Kepolisian selaku petugas pemangku hukum dalam hal ini Satlantas Polres Tuban, bersama dengan Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan bertanggung jawab dalam hal bertugas menjaga keselamatan di jalan raya.

“Atas hasil rapat Forum Lalu Lintas dan angkutan jalan, bersama – sama dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Tuban dan instansi lainnya, dihasilkan kesepakatan untuk membuat terobosan dalam rangka meminimalisir kejadian laka lantas yang melibatkan kendaraan angkutan penumpang yang disebabkan oleh kendaraan operasioanal yang tidak memenuhi standart,” terang Kasat kepada kabartuban.com, Sabtu (3/6/2017).

Dalam keterangannya, pos pemeriksaan yang berlokasi di Terminal Wisata Tuban (TWT) tersebut diharapkan dapat meminimalisir kemungkinan – kemungkinan laka lantas yang terjadi akibat ketidak layakan kendaraan angkutan penumpang.

“Kita lakukan survey terhadap perusahaan transportasi angkutan penumpang yang kendaraannya sudah waktunya perbaikan atau penggantian spare part kendaraan, sehingga pada saat kegiatan mudik dan lebaran 2017, kendaraan tersebut dalam kondisi yang layak jalan,” ungkapnya.

Berdasarkan data yang diterima kabartuban.com menyebutkan, sejumlah personel yang dilibatkan dalam kegiatan tersebut diantaranya, petugas dari Kepolisian Satlantas Polres Tuban, Dinas Perhubungan, POM TNI, BNN RI, dan Polisi Pamong Praja Pemkab Tuban.

“Kegiatan tersebut melibatkan pihak-pihak terkait sehingga sinergitas pilar keselamatan dapat berjalan dengan baik, dalam hal ini berbentuk Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, dan target Decade of Action Road Safety Partnership Building di wilayah Kabupaten Tuban dapat tercapai secara bertahap dan berkelanjutan,” pungkas Kasat Lantas Polres Tuban. (dur)

Baca Juga : Jelang Ramadan, Dishub Razia Kendaraan Angkutan Umum

/