PBI-UT Tuban Ditutup, Surabaya Ambil Alih Layanan Mahasiswa

95
UT Surabaya buka pelayanan mahasiswa di GOR Tuban.

kabartuban.com – Pusat Belajar dan Informasi Universitas Terbuka (PBI – UT) Tuban telah berhenti beroperasi, merujuk pada surat Universitas Terbuka Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Surabaya tertanggal 03 Februari 2022 dengan nomor surat B/0245/UN31.UPBJJ25/KM.00.00/2022.

Di dalam surat yang ditandatangani oleh Direktur UT-UPBJJ Surabaya Dr. Suparti, M.Pd menyebutkan bahwa mulai semester 2021/2022 (2022.1), layanan registrasi kuliah yang selama ini diberikan oleh PBI-UT Tuban dialihkan ke Universitas Terbuka UPBJJ Surabaya. Di dalam surat yang ditujukan kepada mahasiswa UT di Tuban tersebut tidak menyebutkan alasan ditutupnya layanan di Tuban dan dialihkan ke Universitas Terbuka UPBJJ Surabaya.

Direktur UT-UPBJJ Surabaya Dr. Suparti mengatakan, seluruh Mahasiswa Tuban tidak perlu khawatir dengan ditutupnya PBI-UT Tuban. UT-UPBJJ Surabaya mengambil alih dan bertanggung jawab penuh untuk terus memberikan pelayanan kepada Mahasiswa UT di Kabupaten Tuban.

“Struktur terendah di Universitas Terbuka ada UPBJJ. Sedangkan untuk yang berada di wilayah Kabupaten/ Kota termasuk di Tuban statusnya adalah kelompok belajar mahasiswa UT di Tuban. Kemudian sesuai surat yang telah kami kirimkan, maka layanan untuk Mahasiswa Tuban yang selama ini didapatkan dari PBI-UT Tuban telah diambil alih UPBJJ Surabaya,” terang Dr. Suparti Direktur UT-UPBJJ Surabaya dalam forum virtual meeting bersama Mahasiswa UT Tuban.

Lebih lanjut Dr. Suparti menegaskan bahwa Mahasiswa UT di Kabupaten Tuban tidak perlu khawatir. Pihaknya menjamin tidak akan menelantarkan Mahasiswa UT di Kabupaten Tuban pasca ditutupnya layanan PBI-UT Tuban. Layanan UT di Tuban akan segera dihadirkan dengan membuka sekretariat
UT-UPBJJ Surabaya di Kabupaten Tuban sebagai pengganti PBI-UT Tuban.

Sejumlah Mahasiswa UT Tuban mengaku penutupan PBI-UT Tuban tidak berpengaruh pada kegiatan akademik Mahasiswa, karena kegiatan dilakukan secara online dan seluruh informasi dan layanan juga dapat dilakukan secara online. Menurutnya Universitas Terbuka memiliki sistem pembelajaran digital yang cukup baik dan telah teruji.

“Sebenarnya kan status PBI-UT Tuban itu hanya kelompok belajar, jadi kalau ditutup tidak mempengaruhi kegiatan belajar Mahasiswa. Karena pembelajaran dan layanan Mahasiswa UT secara online sudah lengkap banget dan mudah untuk diikuti,” kata Fathonah, salah satu Mahasiswa UT di Tuban.

Hingga saat ini, belum ada keterangan resmi dari pihak PBI-UT Tuban tentang alasan ditutup dan diambil alihnya layanan Mahasiswa UT oleh UT-UPBJJ Surabaya. Mulai hari ini UT-UPBJJ Surabaya mulai memberikan pelayanan kepada Mahasiswa UT di Tuban secara online dan offline. (hin/dil)

/