Pelajar SMK Negeri Palang Beruntung Dapat Beasiswa Kuliah di Tiongkok

8

kabartuban.com – Minat pelajar untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di luar negeri terus meningkat. Bayu Segara, mahasiswa berumur 19 tahun yang merupakan alumni dari SMK Negeri Palang Tuban, berhasil mendapatkan beasiswa di luar negeri pada tahun 2019 silam.

Meski bukan keturunan dari keluarga konglomerat, hal itu tidak memutuskan semangat Bayu untuk terus melanjutkan pendidikannya. Hingga pada akhirnya pemuda asal kecamatan Palang Tuban ini mendapatkan kesempatan untuk kuliah dengan mengambil jurusan Physical Education di negara China tepatnya di Tianjin University Of Sport secara gratis.

Kepada wartawan kabartuban.com Bayu mengatakan, bahwa sebelumnya tidak pernah terpikirkan dirinya bisa melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi luar negeri. Kesempatan itu datang tidak terduga, dan Bayu dapat meraihnya.

“Dulu setelah lulus rencana saya ya kerja dulu baru kuliah, tapi bapak dan ibu guru menyarankan kuliah saja dulu, yang kebetulan ada tawaran beasiswa keluar negeri gratis dan orang tua juga setuju ” ujar Bayu saat ditemui, Senin (16/03/2020).

Menurut Bayu, selama kuliah di Tiongkok, dirinya mendapatkan fasilitas asrama, uang saku, dan seluruh biaya kuliah gratis. Bayu menjadi salah satu putra Tuban yang beruntung karena telah mendapatkan kesempatan belajar di Perguruan Tinggi berkelas internasional.

Sementara itu, Hj. Mariya Ernawati selaku Kepala Sekolah SMK Negeri Palang mengaku merasa sangat senang, karena usahanya selama ini berbuah hasil, yaitu ada pelajar asal  Tuban dan alumni dari sekolahan tersebut yang mampu melanjutkan pendidikan hingga keluar negeri.

“Disamping memberikan wawasan tentang dunia kerja, saya juga ingin alumni dari sekolahan ini bisa terus melejit keluar prestasinya, syukur-syukur bisa ketrima beasiswa di luar negeri, dan Bayu telah mewujudkan itu,” kata Kepala Sekolah.

Menurutnya, saat ini sekolah yang dipimpinnya itu memiliki peserta didik sebanyak 335 siswa, dan juga banyak bekerjasama dengan Perusahaan-perusahaan ternama yang ada di Indonesia. Sehingga bukan hanya terfokus pada prestasi saja, namun juga membuka wawasan ke arah dunia kerja. Dengan harapan kedepan setiap alumni dari SMK ini bisa menjadi sumber daya manusia yang berguna bagi nusa dan bangsa.

Untuk diketahui, SMKN Palang banyak mengadakan test perekrutan sehingga 30 persen sebelum pengumuman kelulusan sudah diterima di dunia kerja. (dil/im)

/