Pembangunan Kilang di Tuban Harus Utamakan Tenaga Kerja Lokal

452

kabartuban.com – Terkait rencana pembangunan kilang minyak yang akan dilakukan oleh perusahaan minyak asal Rusia Rosneft dan PT Pertamina, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban mengusulkan adanya pelatihan kepada lulusan SMA sederajat di Kabupaten Tuban agar memenuhi kriteria tenaga kerja yang dibutuhkan dalam pengoperasian kilang minyak di Tuban.

“Kilang rencananya akan beroperasi pada tahun 2021. Kami usulkan agar nanti ada rekrutmen tenaga kerja lulusan SMA sederajat yang kemudian mendapatkan pendidikan untuk memenuhi kriteria yang dibutuhkan perusahaan,” kata Budi Wiyana, selaku Sekretaris Daerah (Sekda) Tuban, kepada kabartuban.com, Sabtu (28/06/2016).

Budi menjelaskan bahwa, model penerimaan tenaga kerja seperti itu telah dilakukan oleh perusahaan semen yang ada di Kabupaten Tuban. Dimana perusahaan menerima tenaga kerja lulusan SMA untuk kemudian diberikan pelatihan sesuai dengan bidang yang dibutuhkan oleh perusahaan.

“Tenaga putra daerah harus menjadi prioritas, jangan bilang jika di daerah tidak ada tenaga kerja kemudian mengutamakan tenaga kerja dari luar. Kami mendorong agar perusahaan meningkatkan standar tenaga kerja lokal dengan cara memberikan pelatihan,” jelas Budi.

Namun, Budi mengatakan bahwa hingga saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) belum dilibatkan dalam rencana pembangunan kilang minyak oleh Pemerintah Pusat. Sejauh ini Pemkab baru mendapatkan informasi soal rencana pembangunan kilang di Tuban dan belum mendapatkan rinciannya.

“Setelah koordinasi dengan Pertamina kami akan usulkan, setidaknya ada pelatihan bagi putra daerah untuk memenuhi standar kebutuhan tenaga kerja perusahaan,” tutup Budi Wiyana. (lk/riz)

/