Pembebasan Lahan Ring Road, Ada Cong Ping

1377

kabartuban.com – Persoalan pembebasan lahan untuk ring road hingga saat ini belum juga tuntas. Di tengah tarik ulur pembebasan lahan tersebut, sejumlah warga menengarai tanah milik keluaga seorang tokoh politik mendapatkan harga lebih tinggi dibanding yang lain.

Harga tanah pembebasan ring road milik keluarga Go Tjong Ping  (Cong Ping) di Desa Tunah, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, diduga lebih mahal. Terkait kecurigaan tersebut, Cong Ping tidak mau terbuka saat diminta informasi oleh awak media.

“Aku gak berani menyebutkan harganya, soalnya rawan geger. Aku hanya mewakili milik Yuliana Keponakanku,” kata cong ping saat dikonfirmasi, Jumat (23/12/2016).

Cong Ping yang memiliki nama jawa Teguh Prabowo tersebut merupakan mantan anggota DPRD Tuban dan juga mantan calon Wakil Bupati Tuban, saat berpasangan dengan Noor Nahar Hussein (saat ini menjadi Wakil Bupati Tuban), dalam Pilkada tahun 2006 lalu.

Sementara itu, daftar harga tanah untuk ring road di Desa Tunah, menurut panitia pembebasan tanah masing-masing untuk harga terendah Rp. 302.100 per meter, dan harga tertinggi mencapai Rp.1.261.000 permeter. Sesuai catatan panitia pembebasan tanah ring road, di Desa Tunah sebanyak 28 orang pemilik tanah di wilayah barat jalan.

“Dari 28 orang pemilik tanah itu semua setuju, hanya ada satu yang salah perhitungan untuk bangunan yang lantai dua,” ujar panita pembebasan tanah ring road yang juga Kepala seksi (Kasi) Pendaftaran Sertifikat Kantor Pertanahan Nasional (BPN) Tuban, Lalu Rianta.

Dia mebjelaskan harga terendah Rp. 302.100 permeter itu berada di atas tanah tegalan, sementara harga tertinggi Rp.1.261.000 itu berada di pinggir jalan.

Selain harga tanah, untuk pembebasan ring road di Desa Tunah juga terdapat bebera jenis pohon yang diberikan nilai harga. Harga jenis pohon jati ternilai Rp. 1.000.000 perpohon, sementara untuk harga pohon siwalan diberikan nilai harga Rp 250.000 per pohon.

“Untuk ganti rugi tanaman ada seperti tanaman Jati, bogor/pohon siwalan, Jambu dan tanaman jaranan. Harga tanaman seperti tanaman jati harga perpohon rata-rata satu juta perpohon, untuk tanaman bogor/pohon siwalan per pohon senilai 250 ribu,” jelas Lalu Rianta. (wan/im)

/