Pemkab Ancam Distributor Yang Hambat Pasokan Sembako

Pemkab Ancam Distributor Yang Hambat Pasokan Sembako

171
SHARE
Sejumlah pedagang di Pasar Baru Tuban.

kabartuban.com- Pemerintah Kabupaten Tuban, menjamin harga komiditas pangan pokok tidak mengalami gejolak menjelang lebaran Idul Fitri. Pemerintah mengklaim,  berbagai langkah antisipasi soal lonjakan sudah dilakukan, mulai operasi pasar hingga stabilisasi pasokan barang agar tidak mengalami kekurangan saat meningkatnya kebutuhan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kabupaten Tuban, Ir.H.Farid Achmadi, mengatakan, pihaknya belum menerima laporan adanya kenaikan harga yang mencolok dari sejumlah pasar di Kabupaten Tuban, kalaupun ada kenaikan jumlahnya masih wajar dan tidak perlu dikhawairkan,

“Kalau mengalami kenaikan wajar karena tingginya permintaan saat ini, namun tidak akan terlalu signifikan, karena pasokan seluruh kebutuhan sudah dijamin ketersediaanya, baik dari Bulog maupun para distributor,” jelas Farid  (19/6/2017).

Farid menyampaikan, masyarakat juga tidak perlu khawatir karena sepanjang bulan puasa ini akan selalu ada operasi pasar, diantaranya  Gula pasir, Minyak Goreng, dan Tepung Terigu.

“Jangan sampai ada barang yang naiknya terlalu tinggi. Begitu naik kami akan langsung melakukan droping agar segera terpenuhi, sehingga tidak muncul gejolak,” katanya.

Tidak hanya bahan pokok lanjut Farid, kebutuhan gas elpij untuk memasak juga akan dipantau terus oleh petugas dan segera dilaporkan jika terjadi kekurangan kepada pihak pertamina agar segera didrop kembali.

“Termasuk gas elpiji juga akan terus dipantau, dan akan terus dijaga stoknya,” tabahnya.

Sementara itu, wakil Bupati Tuban, dikonfirmasi soal stabilisasi harga, pihaknya meminta kepda distributor tidak menghambat pasokak bahan kebutuhan pangan. Pihaknya juga mengingatkan soal sanksi jika ada distributr yang melakukan penibunan saat kebutuhan meningkat.

“Sesuai instruksi Bupati, jangan ada distributor yang menghambat pasokan, ada sanksinya nanti,”  kata Wakil Bupati (19/6/2017).

Dari pantaun kabartuban.com dipasar tradisoonal, sejumlah pedagang juga sepakat soal stabilnya harga jelang lebaran, tahun ini kondisi pasar cukup baik karena tidak ada gejolak berarti, bahkan beberapa komuditas ada yang turun harga dan cenderung stabil.

“Pasarnya bagus, gak ada yang terlalu bahal harganya, kalau begini jualan jadi enak,” terang salah seorang pedagang di Pasar Baru Tuban, Rumiatun. (Luk)

Apa Komentarmu?