Pemkab Himbau Masyarakat Gunakan Hak Pilih

479
Drs. Mahmudi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Keluarga Berencana dan KB Pemkab Tuban.

Kabartuban.com – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Tuban 2016 tinggal menghitung hari lagi, segala bentuk persiapan telah dilakukan oleh Pemkab Tuban dan panitia Pilkades setempat untuk pelaksanaan pesta demokrasi.

Terdapat 36 desa yang tersebar pada 16 Kecamatan dan melibatkan 99 calon kepala desa (Cakades), akan dilaksanakan pada 8 Desember mendatang, atau kuran dua hari lagi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Keluarga Berencana dan KB, Drs. Mahmudi  saat dikonfirmasi menyatakan, pihaknya telah mempersiapkan dari segala aspek yang berkaitan dengan Pilkades serentak tahun ini. Seluruh elemen yang terlibat dalam penyelenggaraan diminta bertugas sesuai regulasi dan aturan yang ada.

“Segala persiapan sudah kami lakukan, tinggal pelaksanaannya saja, mulai panitia penyelenggara desa, keamanan hingga para calon harus taat aturan, Insya Allah pelaksanaan pilkades akan berjalan dengan lancar,” kata Mahmudi saat dihubungi via hand phonenya oleh kabartuban.com, (6/12).

Dikatakan pula, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pihak keamanan, demi berlangsungnya Pilkades agar kegiatan tersebut dapat terlaksana secara tertib dan aman. Karena keamanan merupakan hal yang penting, mengingat sering terjadi konflik dari para pendukung, lantaran calon yang diusung tidak terpilih sebagai kepala desa.

“Senin kemarin (5/12) sudah dilaksanakan Apel dan simulasi Sispam kota, itu sebagai ancang-ancang untuk mengantisipasi terjadinya huru-hara dalam pilkades,” ujarnya.

Mahmudi berharap, baik calon maupun pendukungnya untuk mentaati peraturan pemilihan yang sudah ditetapkan, sehingga acara dapat berjalan dengan lancar. Jika pelaksanaan Pilkades berjalan sesuai prosedur, maka pemilihan akan berlangsung dengan baik.

“Saya harap, agar masyarakat nanti dapat menggunakan hak pilihnya,” pungkas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Keluarga Berencana dan KB yang baru dilantik oleh Bupati Tuban ini.

Sementara itu, seluruh desa saat ini sudah melakukan persiapan jelang pemilihan yang kurang dua hari lagi, seluruh persiapan itu meliputi pembuatan Tempat Pemungutan Suara (TPS),  Persiapan surat suara dan  seluruh kebutuhan logistic pemilihan kepaladesa.

“Semua sudah siap, seluruh desa juga sudah tuntas persiapanya, paling saat ini yang masih dilakukan adalah finising di tempat pemungutan,” pungkas Mahmudi. (din/Lk)

/