Pemkab Kembali Kirim Relawan dan Bantuan Kemanusiaan ke Lombok 

462
Bersama Sekda, Kepala BPBD Kabupaten Tuban, Heru Sandika Triyana Kasi Datun Kejari saat memberangkatkan para relawan.

kabartuban.com – Sebanyak 17 relawan dari Sekretariat Bersama (Sekber) Relawan Penanggulangan Bencana Kabupaten Tuban di berangkatkan Sekretaris Daerah, Budi Wiyana dihalaman Kantor Bupati Tuban, hak tersebut dilakukan dalam rangka Peduli Bencana Lombok, Selasa (12/09/2018).

“Ini merupakan tugas-tugas kemanusiaan yang sangat baik untuk dilaksanakan, tidak hanya di Tuban tetapi juga daerah lain. Juga menjadi wujud amal bhakti dan kepedulian kepada sesama,” kata Budi Wiyana, Sekda Kabupaten Tuban dalam sambutanya.

Menurutnya, Penanganan bencana gempa di Lombok dan sekitarnya memberikan dampak yang sangat signifikan bagi semua sektor kehidupan masyarakat disana. Oleh karena itu, penanganannya memerlukan partisipasi dari semua pihak.

“Masa rehabilitasi dan rekonstruksi nantinya akan memerlukan energy yang besar dan memakan waktu yang tidak sebentar,“ imbuhnya.

Selain tim relawan Sekber Tuban, Pemkab Tuban juga telah mengirimkan bantuan dari Tagana, LAZISNU, Organisasi Perangkat Desa (OPD), serta perusahaan di Kabupaten Tuban. Bantuan tersebut dikoordinir Dinsos P3A Kabupaten Tuban.

Lebih lanjut mantan Kepala Bapedda Kabupaten Tuban ini mengatakan, tim relawan Sekber juga menjadi Duta Kabupaten Tuban. Karenanya, tim relawan harus mematuhi SOP yang berlaku. Para relawan juga dituntut selain memberikan pertolongan, juga mencari informasi dan pemotretan yang nantinya akan digunakan menjadi bahan pertimbangan.

“Hal tersebut menjadi dasar memberikan bantuan tindak lanjut jika memang diperlukan,” terang Sekda.

Ditempat yang sama, Ketua Sekber Penanggulangan Bencana, Didik Utomo menyampaikan  6 relawan Sekber Tuban akan sudah bertugas di Lombok. Total 24 relawan yang dikirim beberapa unsur dan ahli akan bertugas minimal 7 hari dan bisa diperpanjang sesuai kondisi di lapangan.

“Ada yang dari Pemerintahan, Polri, kejaksaan, dan sipil. Ada juga ahli pertukangan serta ahli listrik,” ujar Didik.

Lebih lanjut petugas yang juga menjabat Babinkatibmas Desa Tasikmadi, Kecamatan Palang ini, untuk bantuan yang dibawa saat ini merupakan donasi dari seluruh masyarakat Kabupaten Tuban yang dikumpulkan sejak 15 Agustus lalu. Pengumpulan donasi dilakukan di pasar, car free day maupun ketika ada kegiatan lain yang banyak didatangi masyarakat.

“Donasi yang terkumpul mencapai 150 juta dan langsung kami belanja untuk bantuan untuk korban Lombok,” tegasnya.

Adapun bantuan yang dikirim terdiri dari beras kurang lebih 1 ton, air mineral 49 kardus, minyak goreng 30 kardus, susu bayi 5 kardus, alat-alat sekolah 2 kardus, seragam sekolah 5 kardus, baju layak pakai 110 kardus, snack 5 kardus, obat-obatan 1 kardus, perlengkapan bayi dan popok 35 kardus, terpal dan tenda 10 buah, mie instan 150 kardus, pembalut 20 kardus, dan tikar 3 buah. (Dur/Rul) 

Apa Komentarmu?

SHARE