Pemkab Tertarik Kembangkan Wisata Paralayang Bukit Glodagan

544
Para atlet Paralayang saat beratraksi dalam pembukan Kejurda Paralayang di Bukit Glodagan, Desa Trantang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban.

kabartuban.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Parbudpora), berencana mengembangkan potensi wisata paralayang, di kawasan Bukit Glodagan, Desa Trantang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Selasa (28/11/2017).

Saat dikonfirmasi, Sulistiyadi Kepala Dinas Parbudpora Tuban, mengatakan, potensi Paralayang di Kabuaten Tuban sangat bagus, namun daya dukungnya masih kurang, seperti tempat-tempat wisatawan, maupun infrastruktur pendukung lainya diantaranya, sumber air maupun perlengkapan lain yang semestinya ada di lokasi wisata.

“Paling  tidak nanti harus di tambahkan fasilitas penunjang, dan perlu juga menjalin kerjasama dengan Perhutani, karena lokasi tersebut milik pihak Perhutani,” kata Sulistiyadi.

Mantan Kabag Humas Pemkab Tuban ini juga menjelaskan, setelah menjadi tempat kegiatan kompetisi Paralayang  Tigkat  Jawa Timur bebeapa hari lalu, kajian mendalam pasti sudah dilakukan oleh para ahli dibidang Paralayang, sehinga awal yang positif tersebut tinggal ditindak lanjuti oleh Pemerintah untuk mengembangkan potensi yang sudah ada.

“Kita akan menindaklanjuti, kalau memang hasilnya positif, pertama akan kita bentuk kelompok masyarakat sadar wisata di dua desa, yakni Trantang dan Wolutengah, ini akan menjadi wisata terintegrasi dengan wisata batik di Kerek,” papar Didit sapaan akrab Sulistiyadi.

Sebelumnya, Bupati Tuban H Fathul Huda meminta, agar potensi Paralayang di Kabupatn Tuban terus dikembangkan, salah satunya adalah untuk meningkatkan pergerakan ekonomi di daerah tersebut. Kata Bupati Huda, jika dikembangkan dengan baik olahraga Paralayang tidak sulit menarik perhatian pengunjung, yang dampaknya pada peluang kerja bagi warga sekitar.

“Sudah bagus, tidak semua daerah memiliki potensi seperti ini, ini harus dikembangkan untuk menggerakan ekonomi di daerah ini,” pinta Bupati Huda. (Luk)

/