Perangkat UNBK Mulai di Distribuksikan

544
Teknisi komputer saat melakukan penataan dan memasang instalasi listrik serta internet di SMPN 6 Tuban.

kabartuban.com- Logistik Ujian Nasional Berbasik Komputer (UNBK) yang akan diselenggarakan di 13 sekolah di Kabupaten Tuban, saat ini sudah mulai datang ke sejumlah sepuluh sekolah yang merupakan peserta baru ujian berbasis online tersebut.

Logistik berupa perangkat komputer, meja dan kusri tersebt sudah diantar langsung ke sejumlah sekolah oleh rekanan yang menjadi penanggungjawab pengadaan perangkat kompuer, untuk pelaksanaan UNBK.

“Sudah datang di sekolah-sekolah, tepatnya disepuluh SMP Negeri yang tahun ini baru akan mengikuti ujian UNBK,” ujar Kasi Kurikulum, Dinas Pendidikan, Kabupatan Tuban Mohammad Sholihin (28/02/2017).

Dijelaskan, saat ini seluruh komputer dalam proses instalasi, diantaranya penyambungan instalasi listrik, sambungan internet (klien) hingga aplikasi-aplikasi penunjang lainya, seperti serta meja dan kusri yang juga sedang dalam penataan oleh Tenaga teknisi untuk melaksanakan UNBK yang dijadwalkan pada Mei mendatang ini.

“Logistiknya sudah dikirim ke sekolah, memang instalasinya ini yang tidak bisa langsung bersamaan, gantian, karena jumlah teknisinya yang terbatas, saat ini masih di SMP 6, besok dilanjutkna  ke sekolah lainya,” kata Sholihin.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 6 Tuban, Zainal Maftuhien, yang akan menjadi salah satu sekolah pelaksana UNBK membenarkan, terkait dengan logistik yang sudah diterima sekolahnya. Perangkat komputer lengkap dengan meja dan kursinya itu diterima bertahap dan saat ini sudah proses instalasi.

“Sudak kami terima kemarin, dan sekarag dalam penginstalan oleh teknisi, “ terang Zainal.

Dikatakan, seluruh perlengkapan UNBK diharapkan siap dalam waktu dekat, agar persiapan sekolah tidak terlalu mepet, apalagi siswa juga membutuhkan latihan dan simulasi sebelum ujian agar saat pelaksanaan tidak ditemukan kendala.

“Paling tidak kalau semua sudah siap, anak anak juga bisa melaksanakan try out atau simulasi UNBK,” kata Kepala Sekola SMPN 6 itu.

Seperti diketahui, tahun ini UNBK di Tuban akan dikuti 13 sekolah, yakni yakni SMPN 1, 3, 5, 6 dan 7 Tuban, kemudian SMP N Semanding, SMP N 1 Merakurak, SMP N 1 Jatirogo, SMP N 1 Widang, SMP N 1 Plumpang, SMP N 1 Widang, SMP N 1 Rengel, SMP N 1 Soko, dan SMP K Ronggolawe. (Luk)

/